Sukses

Nyeri Sendi? Ini 5 Herbal Mujarab untuk Meredakan Rasa Sakitnya

Nyeri sendi dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari artritis, radang, hingga cedera.

Liputan6.com, Jakarta - Nyeri sendi dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari artritis, radang, hingga cedera. Bahkan penyakit tertentu seperti gondok, hepatitis, dan flu dapat menyebabkan nyeri sendi yang mengganggu.

Peradangan kronis dikaitkan dengan hampir setiap penyakit yang diketahui manusia. Ketika dibiarkan, peradangan menyebabkan lebih banyak masalah daripada memecahkannya, termasuk nyeri sendi.

Rempah-rempah berikut ini dikenal untuk mengurangi peradangan dan pembengkakan sehingga mengurangi rasa sakit. Melansir dari Nutritionexp, ini dia.

1. Lidah buaya

Lidah buaya mengandung lebih dari 75 komponen aktif yang bertindak sebagai analgesik untuk menghilangkan rasa sakit, termasuk aloin dan emodin. Tanaman ini juga mengandung beberapa senyawa antiinflamasi yang kuat.

Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan lidah buaya untuk meredakan nyeri sendi. Yang pertama adalah mematahkan lidah buaya kemudian memijat daerah yang menyakitkan dengan getah yang keluar dari tanaman ini.

Kedua, Anda bisa membeli suplemen lidah buaya. Suplemen berbentuk kapsul tentu lebih mudah dikonsumsi, tapi Anda juga bisa membeli jus lidah buaya yang telah diolah.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Eucalyptus

Daun dari tanaman yang dikenal sebagai kayu putih ini mengandung tanin yang dapat mengurangi pembengkakan dan rasa sakit karena peradangan. Anda cukup mengoleskan minyak kayu putih yang banyak dijual di pasaran kemudian sedikit dipijat-pijat pada sendi yang sakit.

 

3 dari 5 halaman

3. Jahe

Jahe dianggap dapat meningkatkan kadar gula darah, melindungi terhadap penyakit jantung, menurunkan kolestrol jahat, memperkuat fungsi otak, dan bahkan mengurangi risiko terkena kanker. Bahan aktif yang dikandung Jahe yakni gingerol, memiliki kemampuan antiinflamasi dan antioksidan yang kuat.

Studi awal terkait penggunaan jahe pada pasien dengan rheumatoid arthritis sangat menjanjinkan. Jahe dapat digunakan begitu saja, dijadikan bubuk, dikeringkan, atau dalam bentuk minyak.

 

4 dari 5 halaman

4. Teh hijau

Teh hijau adalah salah satu minuman paling sehat yang dapat Anda pilih. Manfaatnya banyak, dari meningkatkan fungsi otak, meningkatkan pembakaran lemak, dan meningkatkan kesehatan secara umum.

Teh hijau juga mengandung antiinflamasi yang kuat dan terbukti sangat bermanfaat bagi orang-orang dengan osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Anda bisa mengonsumsinya dengan berbagai cara untuk menghilangkan rasa sakit di sendi.

 

5 dari 5 halaman

5. Kunyit

Kunyit telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk waktu yang sangat lama. Para ilmuwan menemukan bahwa bahan aktif dalam kunyit yakni curcumin, memiliki sifat antiinflamasi.

Studi terbaru pada tikus telah menemukan bahwa kunyit berpotensi memperlambat perkembangan rheumatoid arthritis. Kunyit paling efektif jika dimakan dibanding dengan dioleskan di bagian yang nyeri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.