Sukses

Bangga Pamer Foto Penuh Jerawat, Gadis Ini Menginspirasi Warganet

Novia percaya diri mengunggah foto yang menunjukkan jerawatnya di muka. Warganet menganggapnya tetap cantik.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian orang, kemunculan jerawat bisa menganggu. Disinggung karena muka berjerawat bisa jadi hal yang berat. Padahal, bukan tak ingin menghilangkannya, hanya kadang, hal itu tidak mudah.

 

Akhirnya, rasa tak percaya diri menghampiri. Namun, seorang perempuan bernama Novia Nur Ismi berhasil mengatasi rasa tidak percaya diri itu.

Memiliki muka berjerawat, pemilik akun Instagram @nvnrsm itu tetap percaya diri mengunggah fotonya di Instagram. Foto-fotonya pun sempat ramai diperbincangkan di media sosial.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pernah tidak percaya diri

Meski kini percaya diri mengunggah foto mukanya yang berjerawat, Novia pun pernah merasa sangat tidak percaya diri. Beberapa tahun lalu, mengedit foto mukanya yang berjerawat adalah hal yang biasa. Dirinya berusaha memberi efek agar jerawatnya tidak terlihat.

Namun, omongan dan raut wajah orang terhadap dirinya memicu keberaniannya. Sakit hati  membuatnya berubah.

Ragu pernah dirasakan Novia. Namun, keinginan terlihat sama antara dunia maya dan dunia nyata mendorongnya.

Akhirnya, motivasi terus percaya diri mengunggah foto berjerawatnya pun berkembang. "Ingin semangatin orang yang sama kayak aku, biar aku semangat juga," katanya.

3 dari 6 halaman

Bukan tanpa usaha

Meski percaya diri memperlihatkan jerawatnya, perempuan asal Cianjur itu bukan tak ingin menghilangkannya. Anggapan beberapa orang kalau Novia tidak mengurus dan menjaga kebersihan diri pun salah.

Melalui media sosialnya, perempuan itu membagikan ceritanya sebagai acne fighter, pejuang melawan jerawat. Berbagai cara dicobanya untuk menghilangkan jerawat. Skin care yang dibelinya sendiri, herbal, hingga datang ke klinik.

Namun, kulit setiap orang memang berbeda. Tidak semua kulit bisa dengan mudah tidak berjerawat. Hingga kini pun, dirinya masih berusaha menghilangkan jerawatnya.

4 dari 6 halaman

Sempat viral

Unggahan yang memperlihatkan percaya diri dengan muka berjerawat pun sempat ramai diperbincangkan di media sosial. Beberapa akun membagikan kisahnya.

Salah satunya, akun Instagram @indozone.id yang mengunggahnya Jumat (9/8/2019). Hingga Jumat (16/8/2019), unggahan itu telah mendapat lebih dari 92 ribu likes dan 1,5 ribu komentar.

Begitu pun akun @ohmybeautybank yang juga membagikan kisahnya di Twitter.

Beragam komentar pun muncul. Banyak yang memujinya tetap terlihat cantik, kagum, dan mendukungnya terus percaya diri. Namun ada juga yang mengomentari kebiasaan Novia.

5 dari 6 halaman

Menginspirasi

Rasa percaya dirinya pun menginspirasi warganet. Melalui kolom komentar, beberapa warganet bercerita mereka juga sering tidak percaya diri akibat jerawat.

Omongan atau tatapan orang soal jerawat mereka membuat tak percaya diri. Akibatnya, beberapa hal pun terhambat karena tak percaya diri dengan penampilan mereka.

Namun bagi beberapa warganet, Novia yang percaya diri dengan berfoto menunjukkan jerawatnya menginspirasi mereka. Beberapa warganet pun mengunggah foto muka mereka yang berjerawat ke media sosial.

6 dari 6 halaman

Berbagi cerita dan tips

Karena kisahnya viral, Novia pun sering membagikan pengalamannya menjadi acne fighter. Selain membagikan cerita, perempuan itu pun sempat membagikan caranya agar percaya diri.

Beberapa cara PD ala Novia yaitu terima kekurangan dan abaikan standar kecantikan pada umumnya. Definisi cantik memang bisa berbeda. Cantik pun bukan sekadar penampilan, tapi juga pikiran, hati, dan perilaku.

Selain itu, ia pun mengingatkan bahwa kamu tak sendiri. Banyak yang sama-sama berjuang melawan jerawat.

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.