Sukses

Patut Dicoba, Cara Ampuh Memutihkan Baju Menguning Tanpa Kimia Keras

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki pakaian bewarna putih memang gampang-gampang susah untuk merawatnya. Warna yang awalnya putih sempurna akan berubah seiring pemakaian. Biasanya pakaian putih akan menguning bahkan keabu-abuan yang membuatnya tak lagi sedap dipandang.

Jika kamu memiliki masalah tersebut, kami akan memberitahu cara ampuh dan mudah membuat pakaian menguning menjadi putih berkilau.

Nah, penasaran bagaimana caranya? Melansir Bright Side, Kamis (17/7/2019), berikut cara memutihkan pakain menguning tanpa menggunakan bahan kimia berbahaya atau zat pemutih.

 

2 dari 7 halaman

1. Matahari

Cara ini paling mudah dan tidak perlu mengeluarkan biaya. Ya, matahari diklaim bisa memutihkan pakaian secara alami. Kok bisa?

Sinar ultraviolet matahari ternyata bisa memecahkan ikatan kimia dalam noda, itu menyebabkan warna noda memudar.

Nah, jika kamu tertarik mencobanya. Coba setelah kamu mencuci pakaian, gantunglah pakaian di tali jemuran dan biarkan matahari secara alami melakukan pengeringan. Sinar matahari akan memutihkan pakaianmu tanpa bau dan bahaya pemutih.

 

3 dari 7 halaman

2. Perasan Lemon

Perasan lemon diklaim bisa membuat pakain menguning menjadi putih. Untuk mengaplikasikannya, kamu bisa mencampurkan setengah cangkir perasan lemon ke dalam satu galon air panas. Lalu aduk rata dan rendam pakaian selama satu jam atau semalaman.

Setelah itu, angkat pakaian dari campuran lemon terrsebut dan tuangkan sisa cairan lemon ke musin cuci. Lalu cuci pakaianmu seperti biasa.

Perasan lemon juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda karat dari pakaianmu. Oleskan perasan lemon di atas noda karat dan taburkan soda kue di atasnya. Lalu gosokkan larutan di atas noda dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu cuci pakaianmu seperti biasa.

4 dari 7 halaman

3. Cuka

Cuka menjadi salah satu cara untuk memutihkan pakaian yang menguning. Selain itu, cuka juga bisa menghilangkan noda yang sulit diangkat hingga menghilangkan bau badan.

Jika kamu tertarik memakainya untuk memutihkan pakaian, kamu bisa mencampur 1/4 cangkir perasan lemon dengan 1/2 cangkir cuka putih suling.

Nah, jika kamu memiliki pakaian berbau, kamu bisa menghilangkan bau dengan menambahkan satu cangkir cuka ke mesin cuci selama pembilasan terakhir.

5 dari 7 halaman

4. Baking Soda

Soda kue (natrium bikarbonat) secara kimiawi sangat mirip dengan soda pencuci (natrium karbonat). Itu yang membuat keduanya bisa digunakan dengan cara yang sama.

Soda kue juga merupakan pewangi alami, jadi pakaian kamu tidak hanya akan lebih cerah, tapi juga akan berbau segar ketika dipakai.

Selain itu, soda kue juga menjadi antiseptik ringan, sehingga pakaian dan mesin cucimu akan terlindung dari pertumbuhan bakteri.

6 dari 7 halaman

5. Deterjen Alami

Banyak dari kita hanya mengetahui deterjen kimia, ternyata deterjen alami juga banyak dijual di pasaran lo.

Deterjen alami terdiri dari enzim nabati dan mineral alami yang membersihkan sama efektifnya dengan kandungan sintesis pada deterjen kimia. Deterjen alami juga tidak sekeras deterjen kimia sehingga bisa memperpanjang pakaianmu.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Mencerahkan Baju Putih yang Kusam dengan 3 Bahan Dapur
Artikel Selanjutnya
Takut Pakai Pemutih? 5 Cara Ini Bisa Cerahkan Warna Baju Tanpa Efek Samping