Sukses

Mungil tapi Berdaulat, 7 Negara Terkecil di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa negara di dunia memiliki luas yang tidak seberapa. Bahkan ada yang lebih kecil dari provinsi di Indonesia.

Meski kecil, negara-negara tersebut memiliki pemerintahan, ekonomi, dan bahkan militer sendiri. Negara apa saja? Dilansir dari Listovative, ini dia.

7. Pulau Marshall

Rangkaian pulau ini tersebar di area seluas 181.43 kilometer persegi dan telah menjadi korban perang dan invasi berbagai negara. Selama tahun 1944-1958 saja, negara ini telah menjadi sasaran berbagai senjata dan uji coba nuklir oleh AS setelah penduduknya dievakuasi. Negara ini memiliki perekonomian yang berpusat pada pertanian dan perikanan serta menerima bantuan dari AS juga.

6. Liechtenstein

Dengan luas hanya 160 kilometer persegi, Principality of Liechtenstein dikenal sebagai negara yang memiliki beberapa kastil abad pertengahan, pemandangan indah yang sebagian besar dipenuhi dengan pegunungan, dan beberapa galeri seni.

Negara ini merupakan negara monarki konstitusional dengan Vaduz sebagai ibukotanya. Negara terkecil keenam di dunia dan keempat di Eropa ini bangga dengan tingkat kejahatannya yang rendah dan PDB yang tinggi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

2 dari 3 halaman

5. San Marino

Salah satu republik tertua di dunia, Republik San Marino adalah negara mungil dengan luas hanya 61 kilometer persegi. Ibukota negaranya adalah San Marino. Negara ini juga adalah salah satu negara dengan ekonomi paling stabil di dunia dengan PDB tinggi. Sektor pariwisata adalah salah satu sektor yang paling berkembang di negara ini.

4. Tuvalu

Negara di Oceania ini memiliki luas hanya 26 kilometer persegi. Negara kepulauan ini memiliki terumbu karang, pantai, olahraga air, dan beberapa binatang eksotis untuk ditawarkan pada para wisatawan. Negara ini memperoleh kemerdekaan penuh pada tahun 1978 dan menjadi anggota PBB pada tahun 2000.

3. Nauru

Luasnya hanya 21 kilometer persegi. Negara terkecil ketiga ini memperoleh kemerdekaan pada tahun 1968. Bisnis industri fosfat sempat menjadikan Nauru sebagai salah satu negara terkaya di tahun 1970-an dan 1980-an. Namun, penambangan yang luas menyebabkan Nauru kehabisan sumber daya. Kini Nauru bergantung pada Australia untuk sumber daya utama.

 

3 dari 3 halaman

2. Monako

Negara kecil ini dikenal sebagai rumah bagi balapan Grand Prix Motor atau kasino terkenal Monte Carlo serta rumah bagi beberapa Milyuner. Dengan luas hanya 2.02 kilometer persegi dan populasi lebih dari 38.400, negara ini merupakan negara berdaulat terpadat di dunia.

1. Vatikan

Ini adalah negara terkencil di dunia dan dikenal sebagai rumah Paus. Dikelilingi oleh Roma dan Italia, luas Vatikan hanya 0,44 kilometer persegi.

Populasinya hanya sekitar 1.000 dan itu terkecil dari segi luas maupun populasi. Negara ini merupakan markas besar untuk Gereja Katolik Roma yang diperintah langsung oleh Paus-Uskup Roma.

Negara ini tidak benar-benar berdaulat tapi menawarkan beberapa patung dan lukisan paling terkenal di dunia. Kapel Sistine, museum Vatikan, Basilika Santo Petrus, dan situs budaya serta keagamaan lainnya, semuanya ada di kota Vatikan.

DEBAT CAPRES: Energi, Pangan, Infrastruktur, Sumber Daya Alam, dan Lingkungan Hidup Sesi 6

Tutup Video