Sukses

Jenis Pekerjaan Ternyata Bisa Dilihat dari Tipe Kepribadianmu, Cek di Sini

Liputan6.com, Jakarta Tidak semua bidang pekerjaan bisa cocok dengan diri kamu. Tak semua profesi atau karier bisa kamu tekuni dengan baik. Setiap orang pasti memiliki karakteristik yang berbeda-beda dalam bekerja. Kadang kamu perlu memilih pekerjaan yang tepat dengan mempertimbangkan kecocokannya dengan karakter atau kepribadian. 

Sebenarnya tidak sulit melihat jenis pekerjaan yang cocok untuk kamu. Kamu bisa melihat jenis pekerjaan yang cocok untuk kamu melalui tipe kepribadianmu. Kamu bisa cek dengan melihat tipe kepribadianmu menurut Myers-Birggs Type Indicator (MBTI). 

MBTI) adalah psikotes yang dirancang untuk mengukur preferensi psikologis seseorang dalam melihat dunia dan membuat keputusan. Berikut jenis pekerjaan menurut tipe kepribadianmu yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (5/2/2019).

2 dari 6 halaman

Tipe Kepribadian Menurut MBTI

1. Extraversion (E) – Introversion (I)

Indikator ini berbicara mengenai respon sesorang dan bagaimana orang tersebut berinteraksi di lingkungan luar mereka. Jika Ektravert menunjukkan minat pada aksi dan interaksi sosial, maka sebaliknya, Introvert menunjukkan minatnya pada pikiran, menyukai interaksi sosial yang mendalam dan lebih berenergi ketika sendiri.

2. Sensing (S) – Intuition (N)

Kedua indikator ini memberikan pengetahuan tentang bagaimana karakter seseorang dalam mengumpulkan informasi yang ada di luar. Mereka yang memilih sensing akan mengutamakan hal yang nyata yang bisa mereka indera langsung. Berorientasi pada fakta dan hal yang mendetail. Intuisi menunjukkan mereka lebih berorientasi pada probabilitas, memprediksikan sesuatu dan senang berpikir sesuatu yang abstrak.

3. Thinking (T) – Feeling (F)

Thinking dan Feeling menggambarkan bagaimana seseorang menentukan keputusan dari informasi yang mereka terima. Pemikir akan menentukan berdasarkan fakta. Mereka ini berkepribadian konsisten dan logis. Ssedangkan perasa akan mengutamakan emosi saat menentukan sesuatu.

4. Judging (J) – Perceiving (P)

Kedua indicator ini berbicara tentang bagaimana individu menunjukkan sikapnya kepada dunia luar. Orang tipe J akan bersikap tegas terhadap keputusannya. Sedangkan tipe P menunjukkan sikap yang lebih fleksibel.

3 dari 6 halaman

Jenis Pekerjaan yang Cocok untuk INTJ

Jika kamu merasa memiliki tipe kepribadian INTJ (introversion, Intuition, Thinking, Judjing) kemungkinan kamu cocok dengan jenis pekerjaan seperti berikut :

1.      Ilmuwan.

2.      Ahli matematika.

3.      Insinyur.

4.      Dokter.

5.      Guru.

6.      Hakim.

7.      Pengacara.

Pekerjaan yang memberi kebebasan bekerja sendiri atau kemandirian juga cukup ideal untuk seorang INTJ. Bidang yang membutuhkan efisiensi dan kemampuan untuk menginterpretasikan informasi kompleks seperti dari bidang hukum, riset, akademis, dan teknik juga cocok untuk orang dengan tipe kepribadian INTJ.

Kemampuan analitis dan logis seorang INTJ juga membuatnya cocok bekerja di bidang atau hal-hal yang mengharuskan mereka mengumpulkan info dari dunia luar untuk membuat sudut pandang atau temuan baru.

4 dari 6 halaman

Jenis Pekerjaan yang Cocok untuk ENFP

Jika kamu merasa memiliki tipe kepribadian ENFP (Extraversion, Intuition, Feeling, Perceiving) kemungkinan kamu cocok dengan jenis pekerjaan seperti berikut :

1.      Psikolog.

2.      Jurnalis.

3.      Aktor.

4.      Pembaca berita.

5.      Ahli gizi.

6.      Perawat.

7.      Pekerja sosial.

8.      Politisi.

9.      Konselor.

Pekerjaan yang bergerak di bidang layanan atau jasa juga bisa sangat cocok untuk seorang ENFP. Hal ini berkaitan dengan karakter ENFP yang bisa memiliki rasa empati dan kepedulian yang tinggi pada orang-orang di sekitarnya. Pekerjaan yang membutuhkan ketelitian tinggi mungkin kurang tepat bagi seorang ENFP.

Apalagi kalau pekerjaannya mengharuskan melakukan hal yang sama berulang-ulang dengan rutinitas tinggi, seorang ENFP bisa merasa bosan hingga stres dan tertekan.

5 dari 6 halaman

Jenis Pekerjaan yang Cocok untuk ESFP

Jika kamu merasa memiliki tipe kepribadian ESFP (Extraversion, Sensing, Feeling, Perceiving)  kemungkinan kamu cocok dengan jenis pekerjaan seperti berikut :

1.      Seniman.

2.      Aktor.

3.      Konselor.

4.      Pekerja sosial.

5.      Pelatih olahraga.

6.      Musisi.

7.      Psikolog.

8.      Penyedia jasa penitipan anak.

9.      Desainer fashion.

10.  Spesialis SDM.

Pekerjaan yang memberi ruang untuk banyak berinteraksi dan bersosialisasi bisa sangat cocok untuk seorang ESFP. Kurang cocok bekerja di bidang dengan aturan yang terlalu ketat. Melakukan hal yang sama dalam jangka panjang juga bisa membuatnya gampang bosan hingga akhirnya menyerah.

6 dari 6 halaman

Jenis Pekerjaan yang Cocok untuk ESTP

Jika kamu merasa memiliki tipe kepribadian ESFP (Extraversion, Sensing, Thinking, Perceiving) kemungkinan kamu cocok dengan jenis pekerjaan seperti berikut :

1.      Sales agent.

2.      Marketer.

3.      Pengusaha

4.      Polisi.

5.      Detektif.

6.      Teknisi komputer.

7.      Paramedis.

Kemampuan yang baik dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan banyak orang menjadi nilai plus tersendiri untuk orang-orang ESTP. Pekerjaan yang membutuhkan respons cepat juga cukup direkomendasikan untuk orang-orang ESTP.

Loading
Artikel Selanjutnya
Pemerintah Uji Coba Kartu Prakerja di Jakarta dan Bandung
Artikel Selanjutnya
Masuk Daftar 100 Kota Berbahaya di Dunia, Jakarta Masih Lebih Aman dari Kuala Lumpur