Sukses

Punya Kenangan Berharga, Barang Milik Ilmuwan Terkenal Berhasil Dilelang

Uniknya tiga barang berharga milik ilmuwan ini berhasil dilelang.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang pasti punya satu barang berharga yang dipenuhi dengan banyak kenangan. Hal itu juga dimiliki oleh para ilmuwan besar.

Benda berharga yang mereka punya bukanlah barang mahal, melainkan hanya sebuah barang yang sering mereka gunakan.

Oleh sebab itu, benda peninggalan para ilmuwan ini sampai dilelang dengan harga yang mahal. Benda tersebut dianggap mahal karena punya kenangan menarik dari imuwan yang bersangkutan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut tiga barang berharga milik ilmuwan yang berhasil dilelang.

1. Surat pribadi Albert Einstein

Albert Einstein semasa hidupnya ternyata pernah menulis teori tentang hidup bahagia. Catatan itu ia berikan saat tur ceramah di Jepang.

Di sana, ia bertemu dengan seorang kurir. Awalnya, Einstein berniat memberikan tip pada kurir itu, namun kurir itu menolak. Sebagai gantinya, ia menuliskan dua catatan berbahasa Jerman dan diberikan pada kurir.

"Mungkin jika Anda beruntung, catatan tersebut akan jauh lebih berharga dibanding tip biasa," kata Einstein kepada sang kurir.

Kini, penjual surat itu adalah kerabat si kurir. Dua catatan ini dilelang di rumah lelang Winner's austion senilai USD 240 ribu atau setara dengan Rp 3,6 miliar.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Kursi roda Stephen Hawking

Kursi roda berteknologi tinggi dan dilengkapi suara robot komputer dilelang dengan kisaran harga USD 18.300 (Rp 278,4 juta) sampai USD 27.500 (Rp 418,4 juta).

Tak hanya itu saja, beberapa barang milik mendiang fisikawan Stephen Hawking yang dilelang termasuk tesis doktor, hingga beberapa karya ilmiahnya.

Penjualan daring ini diumumkan kemarin oleh juru lelang Christie. Ada 22 item milik Profesor Hawking yang ditampilkan, termasuk tesis doktornya tentang asal usul alam semesta, beberapa penghargaan, dan karya ilmiah seperti Spectrum of Wormholes dan Fundamental Breakdown of Physics in Gravitational Collapse.

Satu dari lima salinan tesis Profesor Hawking dari Universitas Cambridge tahun 1965 dibuka dengan kisaran harga USD 183.000 (Rp 2,7 miliar) hingga USD 275.000 (Rp 4,1 miliar).

3 dari 3 halaman

3. Lelang bagian jari dan gigi

Selain karyanya, hal lain yang ditinggalkan oleh Galileo Galilei adalah jari dan gigi yang ditemukan pada tahun 2009 oleh seorang kolektor.

Setelah ditemukan, jari dan gigi Galilei dijual ke seorang kolektor. Kini bagian jari dan gigi pria tersebut telah disimpan di sebuah museum di Florence sejak tahun 1737 hingga kini.

Reporter:

Fellyanda Suci Agiesta

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.