Sukses

Siap-Siap, Asteroid Berbentuk Tengkorak Bakal Lewati Bumi

Liputan6.com, Jakarta Unik dan langka, sebuah asteroid menyerupai tengkorak kepala ini akan segera meluncur ke arah bumi dari kegelapan ruang angkasa. Untungnya, asteroid tersebut tidak akan sampai menabrak bumi.

Asteroid diperkirakan akan melewati bumi pada 11 November mendatang setelah pertama kali terlihat pada 2015. Ketika itu, sebuah asteroid terbang melewati bumi tepat saat perayaan Halloween berlangsung.

Asteroid umumnya terbuat dari batu atau logam, sementara komet ini terdiri dari es batu.

2 dari 3 halaman

Penjelasan astronom

Awal tahun ini, Pablo Santos-Sanz dari Institute of Astrophysics, Andalusia menerbitkan makalah akademis yang merinci tentang pengamatannya terhadap objek asteroid tersebut.

Ia mengatakan asteroid jenis ini tidak akan mendekati bumi, jaraknya pun semakin diperbesar sekitar 24 juta mil.

"Meskipun asteroid tengkorak yang melintas dekat bumi ini tidak begitu menguntungkan, kita akan dapat memperoleh data baru yang dapat membantu meningkatkan pengetahuan tentang massa ini dan massa serupa lainnya yang mendekati planet kita," jelas astronom.

3 dari 3 halaman

Asteroid tersebut diperkirakan akan melintas kembali pada 2088

Thomas G Müller, seorang peneliti dari Institut Max Planck bidang Fisika Ekstraterestrial di Jerman mengatakan bahwa asteroid berikutnya sedikit lebih menarik akan terjadi kembali pada Halloween 2088 mendatang, ketika objek tersebut akan mendekati bumi di jarak sekitar 20 juta mil dari jarak bulan.

Sungguh bentuk asteroid yang sangat langka dan datang di saat yang tepat sehingga suasana perayaan Hallowen ini semakin terasa menyeramkan.

 

Penulis:

Immanuela Harlita Josephine

Loading
Artikel Selanjutnya
Pesawat Luar Angkasa Jepang Siap Kembali ke Bumi, Bawa Sampel dari Asteroid Terdekat
Artikel Selanjutnya
NASA: Asteroid 620 Meter Sedang Mengarah ke Bumi Sebelum Thanksgiving