Sukses

6 Trik Jitu Mengisi Daya Ponsel Lebih Cepat

Salah satu hal yang paling menakutkan bagi manusia modern adalah baterai ponsel habis ketika Anda benar-benar membutuhkannya

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu hal yang paling menakutkan bagi manusia modern adalah baterai ponsel habis ketika Anda benar-benar membutuhkannya. Ini adalah fenomena yang sangat umum terjadi pada kita semua yang kini bergantung pada ponsel.

Jika Anda berada dalam keadaan darurat, percayalah 6 kiat praktis ini dapat membantu mengisi daya baterai ponsel Anda lebih cepat.

1. Membuka sarung ponsel

Ponsel adalah salah satu peralatan teknologi yang rumit dan sensitif. Bagian dalam mesinnya dipengaruhi oleh segala sesuatu mulai dari tekanan udara, kelembaban, hingga suhu.

Mengisi daya ponsel saat terlalu panas atau dingin akan memperlambat proses, bahkan merusak perangkat kerasnya. Karena itu, jika ponsel terlalu panas saat diisi daya, bukalah terlebih dahulu sarungnya.

2. Membersihkan port

Ini adalah ruang kecil dan lubang tempat daya diisi. Anda pasti menyadari kalau kotoran bisa terperangkap dengan mudah di sini.

Dengan membersihkannya, akan membantu mempercepat pengisian ponsel Anda. Gunakan tusuk gigi atau gosok perlahan debu dari port pengisian daya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Membiarkan baterai kurang dari 30%

Jangan biasakan mengecas ponsel saat daya masih cukup banyak. Cara terbaik untuk mengisi daya telepon adalah membiarkannya sekitar 30% atau lebih rendah lalu diisi kembali hingga 100%.

Jangan biasakan mengisi daya semalaman. Untuk perawatan baterai berbasis lithium yang tepat, penting untuk menjaga elektron di dalamnya bergerak sesekali. Pastikan untuk melakukan setidaknya satu sebulan membiarkan baterai hingga 0% baru diisi hingga penuh.

4. Menggunakan pengisi daya yang tepat

Pertama dan terpenting, tidak semua kabel ponsel diciptakan sama. Pengisi daya di dinding misalnya, bekerja lebih cepat ketimbang colokan USB. Beberapa ponsel juga memiliki fitur Quick Charge yang hanya berfungsi dengan kabel yang sesuai.

Karena itu, penting untuk menggunakan pengisi daya yang tepat. Jangan biasakan menggunakan kabel yang lebih murah atau tiruan karena ini akan merusak ponsel Anda.

 

3 dari 3 halaman

5. Menggunakan mode pesawat

Mode ini akan membuat ponsel tak bisa mencari sinyal seluler, wi-fi, dan bluetooth. Perubahan kecil tersebut ternyata dapat menambah banyak energi yang terbuang dan membantu meningkatkan pengisian daya baterai Anda.

Terbukti, mode pesawat dapat mempercepat pengisian hingga 25%.

6. Mematikan ponsel

Ketika Anda benar-benar butuh ponsel, Anda mungkin akan mengecas ponsel sambil tetap memakainya. Padahal mematikan ponsel saat diisi daya adalah langkah yang lebih baik.

Bahkan ketika ponsel aktif tapi tak digunakan, itu sebenarnya masih bekerja dengan banyak tugas di latar belakang. Dan ini menyedot daya baterai.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.