Sukses

Gerhana Bulan Total Terjadi 28 Juli 2018, Ini 3 Tips Melihatnya

Liputan6.com, Jakarta Siapa di antara kalian yang sudah tidak sabar untuk melihat Gerhana Bulan Total terlama? Ya, tentu banyak dari kalian yang penasaran dan ingin melihat keindahan ‘Blood Moon’ tersebut.

Terlebih lagi fenomena ini dikatakan sangat istimewa dan langka lantaran akan menjadi gerhana bulan terlama dengan waktu 103 menit dan bisa disaksikan di seluruh Indonesia.

"Terlama Abad ini! Puncak Gerhana Bulan Total akan terjadi selama 103 menit dan dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia pada tgl 28 juli 2018. BMKG akan melaksanakan pengamatan di berbagai titik di Indonesia dan menyiarkannya secara live," tulis BMKG di akun Twitter @infoBMKG, Rabu (25/7/2018).

Bagi kalian yang sudah tak sabar untuk menyaksikan Gerhana Bulan Total terlama itu ada baiknya kalian memperhatikan beberapa hal berikut ini.

2 dari 4 halaman

1. Catat Waktunya

Proses Gerhana Bulan Total ini akan terjadi mulai dari tengah malam, ada baiknya kalian mempersiapkan diri agar tidak kelewatan ya. Terjadi pada 28 Juli 2018, berdasarkan catatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gerhana parsial atau sebagian akan dimulai pukul 01.24.

Sementara untuk gerhana bulan total akan dimulai pukul 02.30. Puncak totalitas gerhana sekitar pukul 03.21 dan gerhana total berakhir 04.14. Gerhana parsial atau sebagian sendiri berakhir pukul 05.19 WIB.

3 dari 4 halaman

2. Lokasi

Gerhana bulan total ini dinyatakan aman untuk dilihat dengan mata telanjang. Hanya saja yang paling terpenting adalah kalian harus mencari tempat yang pas untuk melihatnya. Gerhana ini akan terlihat sangat sempurna jika kalian melihatnya jauh dari keramaian kota atau cahaya lampu. Ya, kalian bisa pilih tempat yang gelap dan jauh dari polusi udara.

4 dari 4 halaman

3. Abadikan Momen

Gerhana bulan yang akan terjadi pada malam nanti dikatakan akan menjadi gerhana bulan terlama loh. Bagaimana tidak seluruh prosesnya bisa sampai 6 jam loh. Apalagi setelah 28 Juli ini, gerhana bulan terlama baru akan terjadi lagi pada tahun 2123. Jadi gerhana bulan ini akan sangat istimewa, tentu tak ada salahnya jika kalian mengabadikan momen ini bukan?

Reporter: Gadis Abdul

Sumber: Bintang.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: