Sukses

Ini Lho 6 Alasan Mengapa Pesawat Warnanya Putih

Bila kamu sering bepergian dengan pesawat, pernah tidak sih bertanya-tanya kenapa kebanyakan pesawat warnanya putih.

Liputan6.com, Jakarta - Bila kamu sering bepergian dengan pesawat, pernah tidak sih bertanya-tanya kenapa kebanyakan pesawat warnanya putih. Bahkan, meski terdapat warna lain pun, pasti yang dominan tetap warna putihnya.

Wittyfeed menjabarkan alasan-alasan di balik pemilihan warna putih pada pesawat tersebut. Ini dia.

1. Tak cepat luntur

Warna putih cenderung bertahan cukup lama dari paparan sinar matahari, bahkan ketika pesawat berada di ketinggian sekitar 30 ribu kaki di atas permukaan tanah. Tidak demikian dengan warna-warna gelap yang cenderung mudah pudar dan rentan terhadap radiasi sinar ultraviolet.

2. Mudah dibersihkan dan memperlihatkan kerusakan

Warna putih meski mulai pudar, akan tetap terlihat bersih ketimbang warna lain yang pudar. Ketika kotor pun, warna putih cukup mudah dibersihkan.

Selain itu, dengan pemakaian warna putih, cacat atau kerusakan di badan pesawat akan lebih mudah terlihat. Ini termasuk retak, korosi, atau celah di atas pesawat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Lebih sejuk

Sains membuktikan warna putih memantulkan gelombang cahaya. Efeknya, ruang kabin pun akan terasa lebih sejuk. Ini berbading terbalik bila menggunakan warna lain yang menyerap lebih banyak gelombang cahaya dan membuat objek cepat panas.

4. Biaya operasional

Menggunakan warna putih terbukti membuat biaya operasional lebih hemat. Pesawat dengan warna selain putih akan menghabiskan biaya pewarnaan paling tidak US$ 50 ribu atau lebih dari Rp 710 juta.

 

3 dari 3 halaman

5. Nilai jual

Pesawat putih cenderung bernilai normal ketika dijual lagi. Lain lagi bila warnanya bukan putih, nilai jualnya akan berubah dan cenderung merugikan maskapai.

6. Pesawat sewaan

Beberapa maskapai memilih menyewa pesawat dari perusahaan yang lebih besar. Dengan demikian, biaya yang dikeluarkan akan lebih murah bila warna yang digunakan adalah putih. Mereka cukup mengubah atau menambahkan logo maskapai saja.

Reporter: Dwifantya

Sumber: Dream.co.id

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.