Sukses

Kepanasan, Penumpang Nekat Buka Jendela Pesawat yang Ternyata Pintu Darurat

Mengaku kepanasan, seorang penumpang nekat membuka jendela pesawat yang ternyata pintu darurat

Liputan6.com, Jakarta - Seorang penumpang pesawat dari Tiongkok, ditangkap setelah membuka pintu darurat pesawat sebelum lepas landas. Diklaim, ia melakukan hal tersebut karena ingin mendapatkan udara segar.

Menurut The Cover via Shanghaiist, insiden di pesawat itu terjadi sekitar tengah malam pada hari Sabtu di sebuah bandara lokal di kota Mianyang, Provinsi Sichuan. Penumpang berusia 25 tahun itu diidentifikasi hanya dengan nama keluarganya, Chen.

Atas ulahnya tersebut, ia ditangkap dan ditahan selama 15 hari. Ia juga diharuskan untuk membayar denda US$ 11.000 atau sekitar Rp 153 juta. Saat diinterogasi, Chen mengatakan pada polisi bahwa ia hanya ingin membuka jendela karena sangat panas di dalam pesawat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak sengaja membuka pintu darurat

Chen yang naik pesawat Lucky Air 8L9720, mengatakan ia memutuskan menarik pegangan di sampingnya. Ia berpikir itu akan membuka jendela, tapi alangkah terkejutnya Chen saat melihat seluruh "dinding" runtuh bersama dengan terbukanya tangga darurat pesawat. Penumpang lain yang melihat hal tersebut menduga ia tak sadar bahwa apa yang ia tarik adalah bagian dari pintu keluar darurat.

"Karena begitu pengap dan panas di pesawat, saya mendorong pegangan jendela di sebelah saya. Ketika pintu terbuka, saya panik," katanya.

Akibat ulahnya, maskapai tersebut mengalami kerugian sekitar US$ 11.000. Dengan sistem kredit sosial yang berlaku di Tiongkok, pria itu juga mungkin ditempatkan di daftar hitam perjalanan Tiongkok.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.