Sukses

Bikin Ngeri, 4 Pemimpin Dunia Ini Terkenal dengan Kekejamannya

Sejumlah pemimpin ini terkenal karena kekejamannya dan membunuh hingga puluhan juta rakyatnya sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Kepala negara merupakan orang yang paling penting dalam suatu pemerintahan. Untuk menjalankan kebijakan dan pilihan politik negara, dibutuhkan peran penting dari pemimpin.

Di samping urusan politik, pemimpin negara yang dipilih seharusnya juga menjalankan amanah serta menlindungi rakyatnya. Namun, sejumlah pemimpin dunia ini justru bertindak sebaliknya, mereka terkenal menindas, menyebarkan teror, serta ancaman kepada rakyatnya.

Bahkan tak tanggung-tanggung, kelompok yang kontra dengan pandangan pemimpin ini akan segera dihabisi. Akibatnya ribuan dan puluhan juta penduduk tewas di tangan sejumlah pemimpin kejam ini.

Dilansir dari beragam sumber, berikut merupakan empat pemimpin terkejam di dunia yang menyebarkan teror dan rasa merinding publik.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Joseph Stalin

Josef Vissarionovich Stalin adalah pemimpin Uni Soviet dari pertengahan 1920-an sampai kematiannya pada tahun 1953. Dengan jabatannya sebagai Sekretaris Jendral Komite Pusat Partai Komunis Uni Soviet, ia secara efektif merupakan seorang diktator.

Stalin adalah diktator paling berbahaya sepanjang masa. Pada 1930-an, atas perintahnya, jutaan petani dibunuh atau mati kelaparan. Stalin bersalah atas kematian lebih dari 20 juta orangnya sendiri selama 29 tahun memimpin Rusia.

3 dari 5 halaman

2. Adolf Hitler

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, Hitler layak mendapat gelar diktator paling jahat dalam sejarah. Hitler adalah penyebab utama Perang Dunia II dan Holocaust. Enam juta orang Yahudi tewas di bawah pemerintahannya dan puluhan juta orang menderita dan meninggal karena kegilaannya.

Pada 30 April 1945 sesudah pertempuran hebat street-to-street ketika tentara Uni Soviet terlihat dalam blok atau dua Reich Chancellory, Hitler bunuh diri menembak dirinya sendiri sambil menggigit sebiji kapsul sianida.

4 dari 5 halaman

3. Leopold II of Belgium

Leopold II adalah Raja Belgia, sekaligus pendiri Negera Bebas Kongo. Sekarang lebih dikenal dengan Republik Demokrasi Kongo. Selama memerintah Kongo, dia dikenal brutal dengan mandat yang dilimpahkan kepada prajurit bayaran untuk keuntungannya sendiri.

Ia mengambil keuntungan pribadi dari Kongo, awalnya dengan pengumpulan gading, dan setelah naiknya harga karet pada tahun 1890-an. Dia menggunakan kerja paksa yang mengakibatkan kematian lebih dari 3 juta orang Kongo.

Pemerintahannya yang kejam bertanggung jawab secara (tidak) langsung atas kematian jutaan orang. Kongo menjadi salah satu skandal internasional pada awal abad ke-20, dan akhirnya Lopold II terpaksa menyerahkan kendalinya kepada pemerintahan Belgia.

5 dari 5 halaman

4. Ivan IV of Russia

Dia Juga dikenal sebagai Ivan the Terrible, dan merupakan penguasa pertama Rusia dan yang pertama kali memproklamasikan tsar Rusia (tahun 1547). Ivan IV mendapatkan julukan "Ivan yang Mengerikan" akibat pemerintahannya yang keras.

Dia membakar hidup-hidup setidaknya 1.000 orang. Dia memerintahkan pasukannya untuk membangun tembok yang kuat di sekitar kota, sehingga orang-orang tidak dapat melarikan diri. Setiap hari, antara 500-1.000 dibawa kepadanya oleh pasukannya, untuk disiksa atau dibunuh di depannya.

Reporter

Syifa Hanifah

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.