Sukses

Kasihan, Nenek Ini Tak Bisa Tutup Mulut Usai Menguap Terlalu Lebar

Liputan6.com, Jakarta - Seorang nenek yang berasal dari Pune, India, akhirnya bisa menutup mulutnya kembali setelah selama sebulan terbuka lebar.

Nenek berumur 83 tahun itu akhirnya berhasil menutup kembali mulutnya setelah melalui operasi rahang yang cukup rumit. Operasi penutupan mulutnya dipimpin oleh Dr Prasad Dadhe, Ahli Bedah Oral dan Maxillofacial di Rumah Sakit Multivitional Sahyadri, New Delhi.

Sesuai laporan, wanita tua tersebut mengalami dislokasi rahang dan mendadak tidak bisa menutup mulutnya setelah menguap kelebaran. Hal ini pun menyebabkan ia jadi tidak bisa makan, minum dan berbicara karena tidak bisa menutup mulutnya. Nenek ini juga menderita kelaparan dan dehidrasi, sehingga menyebabkan berat badannya turun drastis.

Melansir Zeenews, setelah dilakukan pemeriksaan oleh dokter, wanita tersebut dinyatakan sudah mengalami kejang pada semua otot pengunyahannya, sehingga memaksa tim dokter untuk melakukan tindakan anestesi umum.

Dan akhirnya terbukti, hal itu bisa membuat risiko besar, nenek ini disebutkan hampir mengalami cachexia, yakni keadaan hipermetabolik ditandai dengan anoreksia dan hilangnya berat badan yang berhubungan dengan penurunan massa otot. Bagaimanapun, ini adalah prosedur yang sulit, dokter yang menanganinya harus bisa melakukannya dengan benar.

Dr Dadhe mengatakan bahwa dislokasi rahang tidak jarang terjadi pada populasi lansia atau bahkan lebih muda. Seseorang yang menderita kondisi ini tidak dapat menutup mulutnya sampai dilakukan tindakan medis untuk menempatkan kembali rahangnya ke posisi normal.

Penulis:

Dhita Koesno

**Jadilah bagian dari Forum Liputan6.com dengan mengirimkan artikel unik dan terkini melalui email Forum@liputan6.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Nenek Ini Tiduri Lebih dari 1000 Pria Brondong
Artikel Selanjutnya
Viral, Nenek 62 Tahun Lahirkan Bayi Secara Normal