Sukses

Ingin Menjadi Reporter Andal? Praktikkan 5 Tips Ini

Liputan6.com, Jakarta Hari Pers Nasional (HPN) pada 9 Februari 2018, menjadi sorotan publik. Bahkan memasuki urutan ketiga trending topic di lini masa Twitter Indonesia.

Kini kerja di dunia jurnalis, baik cetak maupun elektronik menjadi dambaan mahasiswa umum, bukan lagi mahasiswa Ilmu Komunikasi. Apalagi jika kamu menginginkan bekerja pada divisi reporter. Berikut tips yang kamu bisa dapatkan dari salah satu Reporter SCTV Liputan6, Dana Paramita:

1. Baca, baca dan baca

Seorang reporter wajib hukumnya membaca buku, agar luas wawasannya dan up to date berita-berita terkini. Jika kamu tidak suka membaca buku, minimal luangkan 10 menit setiap bangun tidur untuk membaca berita melalui smartphone.

1 dari 3 halaman

2. Selalu Belajar Hal-Hal Baru

Tentu menjadi reporter harus giat belajar, supaya ilmunya semakin bertambah. Karena liputan sifatnya tidak bisa diprediksi. Contohnya, jika ada peliputan di DPR, maka harus belajar politik. Atau jika peliputan di KPK, kamu bisa belajar hukum.

3. Kemampuan Berkomunikasi

Walaupun kamu bukan dari anak Ilmu Komunikasi, tapi setidaknya kamu memliki kemampuan public speaking. Karena reporter setiap harinya bertemu dengan orang baru, yang memiliki karakter berbeda-beda. Misal membedakan berbicara antara Presiden dengan Petani.

2 dari 3 halaman

4. Percaya Diri

Tentu ini hal utama, jika seorang reporter televisi melakukan live report. Reporter dituntut berani tampil di depan orang dan yakin atas informasi yang telah didapatkan dari kedua belah pihak narasumber, untuk segera disampaikan kepada masyarakat.

5. Tidak Manja

Ingin menjadi reporter, tapi masih memiliki sifat kekanak-kanakan. Tentu sifat itu harus segera dihilangkan, karena menjadi jurnalis kerjanya dinamis atau tidak menentu. Misalkan kamu harus live report di terik matahari, hujan-hujanan dan blusukan ke tempat terpencil pun harus siap.

“Menjadi seorang reporter itu tidak boleh setengah-setengah, harus totalitas dan memang mempunyai kemampuan di bidang tersebut. Karena yang kalian bayangkan menjadi reporter itu enak, bisa bertemu dengan Presiden, artis, dan jalan-jalan keluar kota gratis. Tapi ternyata, tidak seindah yang kalian bayangkan”, ujar Dana Paramita

 

Penulis:

Annisa Rahmawati

UBSI Bandung

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Top 3 Tekno: 5 Fitur Canggih BBM yang Wajib Diketahui
Artikel Selanjutnya
Saksikan Live Streaming Anugerah Liputan 6 Awards 2018