Sukses

Jangan Kaget, Arang Punya 5 Manfaat untuk Merawat Kecantikanmu

Liputan6.com, Jakarta Arang aktif memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Arang yang dimaksud bukan arang yang biasa kamu temui untuk memanggang makanan. Arang yang dimaksud adalah arang aktif yang dapat dihasilkan dari bahan-bahan dengan cara khusus.

Arang ini biasanya terbuat dari bahan yang memiliki kandungan karbon tinggi seperti batu bara, biji apricot, kulit singkong, dan lainnya. Apa saja manfaat yang didapat dari arang aktif untuk kecantikanmu?

1 dari 3 halaman

1. Menutup Pori-pori Wajah

Pori-pori yang membesar dapat menyebabkan komedo membandel di wajah dan menyebabkan timbulnya jerawat. Arang aktif mampu membuat pori-pori di wajahmu mengecil dan kotoran yang tersimpan di wajahmu akan terangkat. Caranya, cukup dengan mencampurkan arang dengan sedikit air hingga membentuk pasta, lalu oleskan di permukaan wajah. Tunggu hingga kering, lalu bilas dengan air hangat.

2. Menghilangkan Jerawat

Makanan yang mengandung lemak, atau debu polusi yang menempel di wajahmu merupakan faktor utama penyebab jerawat. Kamu bisa membuat masker arang, dengan cara mengolesnya di wajah kemudian diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat. Kandungan karbon dalam arang akan membuat jerawat terangkat dengan sangat mudah.

3. Mengurangi Minyak

Arang dipercaya memang sangat ahli dalam mengontrol minyak di wajah. Kamu bisa mengaplikasikannya di wajah secara langsung atau dijadikan masker. Gunakan dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

2 dari 3 halaman

4. Menyehatkan Kulit Kepala

Penggunaan bahan kimia terhadap rambut, sangat rentan terhadap kerusakan akar rambut. Jika rambut indahmu rusak, tentu akan merusak aktivitasmu. Ternyata kamu bisa memelihara kesehatan kulit kepalamu dengan arang loh, caranya gosokkan arang dengan lembut ke kulit kepalamu. Biarkan beberapa saat, lalu bilas dengan air hangat.

5. Menyegarkan Rambut

Siapa yang tidak ingin memiliki rambut indah dan mudah diatur. Kamu bisa gunakan masker arang atau memakai sampo dengan kandungan arang aktif atau activated charcoal didalamnya. Kandungan karbon ternyata bisa membuat rambut halus sehingga mudah diatur.

 

Penulis:

Fany Zahra

Universitas Bhayangkara Bekasi

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
5 Hal yang Tanpa Sadar Jadi Penyebab Rusaknya Rambutmu
Artikel Selanjutnya
Hati-Hati, Gerak Tubuh Ini Bermakna Negatif di Negara Lain