Sukses

Ingin Tidur Nyenyak, Taruh 8 Tanaman Pembersih Udara Ini di Kamar

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang mengalami kesulitan untuk tidur di malam hari. Para ahli memperingatkan bahwa masalah umum ini dapat memiliki dampak pada suasana hati, energi, produktivitas, dan kesehatan.

Jika Anda menderita masalah sulit tidur dan telah melakukan segala cara, ada baiknya Anda mencoba yang satu ini. Kebanyakan orang tak tahu bahwa kualitas udara dapat memengaruhi kualitas tidur Anda.

Tanaman-tanaman berikut ini, dapat membersihkan udara, menambah kadar oksigen, dan meningkatkan kualitas tidur. Efek yang dapat Anda rasakan nanti adalah fungsi otak yang membaik, mood membaik, tidur lebih baik, sakit kepala berkurang, stres berkurang, kualitas udara lebih baik, serta rasa cemas yang berkurang. Apa saja? Ini dia.

1. Melati

Tanaman eksotis menawarkan efek lembut dan menenangkan pada pikiran dan tubuh Anda. Studi menegaskan, melati dapat menurunkan tingkat kecemasan dan memperbaiki pola tidur Anda.

Para periset juga telah mengungkapkan bahwa efek dari kualitas tidur yang lebih baik dapat berkontribusi pada kewaspadaan produktivitas yang lebih baik sepanjang hari.

2. Lidah buaya

Tahukah Anda bahwa Aloe Vera melepaskan oksigen pada malam hari? Tambahan lagi, tanaman ini mudah dibudidayakan dan tak perlu sering disiram. Anda bisa meletakannya di dekat jendela kamar tidur karena lidah buaya tak butuh terlalu banyak sinar matahari langsung.

 

2 dari 4 halaman

3. Lavender

Tanaman ini populer karena memiliki kemampuan menurunkan tingkat kecemasan dan memperbaiki tidur Anda. Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa aroma lavender dapat menurunkan tingkat stres, tingkat tekanan darah, dan memperlambat denyut jantung.

Studi lain menunjukkan bahwa aroma lavender dapat mengurangi tangisan pada bayi. Tanaman ini juga bisa mengurangi tingkat stres pada ibu dan anak.

4. Kacapiring

Sering disebut juga gardenia, sebuah studi menemukan bahwa menempatkan tanaman ini di kamar tidur dapat memperbaiki pola tidur Anda. Tanaman ini menawarkan efek yang sama dengan Valium yang mengurangi kegelisahan.

Tapi yang harus Anda ingat, tanaman ini butuh banyak perhatian. Juga jangan tempatkan tanaman ini di bawah sinar matahari langsung.

 

3 dari 4 halaman

5. Tanaman ular

Tanaman ini merupakan salah salah satu tanaman pemurni udara yang paling populer. Tanaman ini bisa melepaskan oksigen pada malam hari sekaligus menghilangkan karbondioksida.

Sebagai hasilnya, tanaman ini menyucikan udara dan akan memperbaiki tidur Anda. Ini juga dapat menyaring beberapa racun rumah tangga seperti benzene, trichloroethylene, dan formaldehyde dari udara.

6. Valerian

Adalah tanaman berbunga abadi dengan bunga pink atau putih yang mekar di musim panas. Akarnya telah digunakan sebagai teh sejak zaman dulu untuk mengobati insomnia.

Sebuah studi menunjukkan bahwa mengirup aroma ini dapat membantu Anda tidur dengan cepat dan memasikan kualitas tidur yang lebih baik. Asalkan tanaman ini kena paparan langsung sinar matahari selama 6 jam tiap hari.

 

4 dari 4 halaman

7. Peace Lily

Tanaman ini membantu menyaring racun benzena, trikoloroetinela, dan formaldehida yang berbahaya. Tanaman ini juga dapat mendongkrak kelembaban ruangan hingga 5%. Hasilnya, jumlah mikroba di udara yang menyebabkan alergi berkurang, meringankan hidung dan tenggorokan yang gatal.

8. Gerber Daisies

Tanaman ini memiliki bunga dengan warna-warni yang memperbaiki suasana hati. Ini juga mengeluarkan oksigen di malam hari yang membantu Anda bernapas dengan lancar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Berapa Lama Waktu Ideal yang Diperlukan untuk Tidur?
Artikel Selanjutnya
5 Cara Tidur yang Bisa Bantu Bakar Lemak