Sukses

6 Rahasia Mendapatkan Selfie Terbaik yang Harus Kamu Ketahui

Liputan6.com, Jakarta Selfie adalah salah satu hashtag terbanyak dipakai di Instagram. Tagar #selfie saja berjumlah 330 juta, dengan banyak turunannya seperti #selfieoftheday #selfies #selfiesunday #selfienation yang juga berjumlah jutaan.

"Ada satu juta selfie yang diambil setiap harinya, itu pun hanya di kalangan anak-anak muda," kata Chief Editor yangcanggih Christian Tjahjono dalam acara Oppo Selfie Tour F5 di Four Points Sheraton, Manado, 9 Januari 2018.

Adapun menurut riset yang dilakukan di Universitas Teknologi Nanyang di Singapura, selfie yang diambil oleh seseorang menggambarkan bagaimana dia melihat kepribadiannya sendiri. Hasil selfie juga akan mempengaruhi bagaimana orang lain melihat Anda. 

Untuk mendapatkan hasil selfie yang lebih baik, ikuti cara-cara di bawah ini.

1. Cahaya

Fotografi adalah melukis dengan cahaya. Pencahayaan adalah hal yang sangat penting dalam fotografi, termasuk selfie. Hindari menghadapkan muka ke cahaya matahari yang terlalu terang, karena selain cahayanya berlebihan, mata akan menyipit sehingga kamu justru akan nampak menderita di foto yang dihasilkan.

Hindari juga sumber cahaya dari belakang. Jika ada jendela, berfotolah menghadap ke depan jendela yang terbuka untuk mendapatkan cahaya yang sesuai.

 

 

1 dari 3 halaman

Ambil gambar sebanyak-banyaknya

2. Angle

Kenali sudut mana yang jadi kelebihan kamu dan mana yang jadi kekuranganmu. Sudut andalan ini bisa dipadukan dengan gaya nan keren untuk menghasilkan foto yang akan mendulang like di media sosial.

Beberapa prinsip dasarnya antara lain bahwa selfie dari atas kepala bisa membuatmu nampak lebih kurus. Selfie dari bawah muka, yah, ini adalah resep untuk mmembuat siapapun nampak lebih gendut daripada aslinya, dan bonus satu dagu tambahan.

3. Perhatikan latar belakan dan crop

Memperhatikan latar belakang adalah sangat penting. Jangan sampai selfie menunjukkan muka dengan makeup sempurna tapi dilakukan di kamar mandi yang penuh sampah. Solusi masalah itu jika memang latar belakangnya tidak dapat dikontrol adalah dengan crop.

Sebuah foto selfie bisa diubah menjadi sesuatu yang berbeda hanya dengan cara membuang bagian yang tidak diperlukan. Jangan takut untuk crop foto dan membuang bagian yang tidak sesuai. 

4. Ambil gambar sebanyak-banyaknya

Fotografer handal mengambil foto sebanyak-banyaknya dan kemudian memilih mana gambar terbaiknya.

Kesalahan yang sering dilakukan pemula adalah mengambil gambar sebanyak-banyaknya, lalu menguploadnya dalam jumlah banyak. Kami mengerti bahwa kamu sulit sekali memilih mana gambar yang paling bagus. Tapi mengunggah lima foto selfie dalam satu waktu hanya karena posenya berbeda sedikit, adalah resep untuk kehilangan follower di Instagram.

 

2 dari 3 halaman

Dilema tongsis

5. Editing dan filter

Bahkan fotografer profesional pun sering kali mengedit fotonya sebelum dipublikasikan. "Saya biasanya pakai beberapa aplikasi untuk mengedit foto sebelum dipublish, seperti misalnya VSCO Cam," kata Selebgram Iphan Loviano dalam acara Oppo Selfie Tour di Manado.

Jika selfie memang adalah obsesimu, mungkin kamu bisa beralih ke ponsel selfie. Berbagai produsen ponsel merilis telepon pintar yang punya kamera depan ciamik dan dilengkapi fitur mempercantik foto selfie.

Tapi ingat, jangan terlalu berlebihan memberikan filter, karena alih-alih cantik, wajahmu akan nampak palsu. Para follower pun pasti tahu jika filter yang kamu pakai berlebihan.

6. Tongsis dan tripod

Chief Editor Yangcanggih membawa tripod mini untuk memudahkan mengambil foto selfie, selain memudahkan untuk mengambil foto dengan kamera belakang.

Tongsis kadang banyak diolok-olok, tapi akan membantumu untuk lebih bebas memilih angle.

Nah, sekarang coba lagi selfie dan upload di media sosial kamu, apakah kamu mendapatkan lebih banyak like?

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Oppo F7 Edisi Diamond Black Sudah Bisa Dibeli Mulai Hari Ini
Artikel Selanjutnya
Baru Seminggu Dirilis, Penjualan Oppo F7 Pecahkan Rekor