Sukses

Utak Atik Otak, Sosial Medianya Para Pelajar

Citizen6, Jakarta Kemajuan zaman membawa keuntungan tersendiri bagi para pelajar. Sekarang, sudah tidak zamannya lagi belajar dengan cara yang monoton dan membosankan. Belajar dengan menjawab kuis, terbukti membuat pelajar lebih gampang menerima pelajaran.

Utak Atik Otak merupakan sosial media edukasi buatan anak Indonesia. Tujuan utamanya yakni menghubungkan seluruh sekolah di Indonesia, mulai dari Sabang sampai Merauke. Dengan Utak Atik Otak, siswa sekolah bisa memiliki sahabat tidak hanya dalam lingkup sekolah melainkan seluruh sekolah di Indonesia.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan beberapa fitur-fitur menarik yang berhubungan dengan edukasi. Berikut beberapa fitur Otak Atik Otak yang terdapat di aplikasinya.

1. Sekolah

Merupakan fitur yang berupa halaman fanspage untuksekolah, mulai dari SD sampai Universitas. Halaman sekolah bisa di kelola oleh admin sekolah masing-masing. Fitur ini dapat bermanfaat sebagai halaman official sekolah. Bisa sebagai pusat informasi dan promosi sekolah. Para siswa juga bisa join ke dalam sekolahnya masing–masing. Jika belum terdaftar maka bisa mengajukan pendaftaran melalui halaman ini.

2. Kuis

Kuis merupakan fitur edukasi yang kita kemas dalam bentuk permainan. Setiap siswa menjawab kuis/soal, jika benar akan dapat poin 10, jika salah akan dikurangi 5. Kuis ini bersifat UGC, di mana siswa juga dapat meng-upload kuis/soal yang mereka punya. Jadi semakin banyak siswa yang meng-upload soal maka semakin banyak pula bank soal yang dimiliki siswa. Kuis–kuis ini bisa dikelompokkan berdasarkan hastag (kategori) yang bisa dibuat oleh siswa.

Nah untuk persiapan UNAS fitur ini sangat bermanfaat sekali, karena teman–teman tidak perlu membawa buku yang berat lagi untuk belajar cukup hanya dengan gadget siswa sudah bisa belajar. Alamat kuis–kuis untuk persiapan UNAS 2016, klik di sini.

3. Tanya Dong

Tanya Dong merupakan fitur untuk tempat bertanya, misalnya siswa–siswa mengalami kesulitan mengerjakan PR atau tugas. Siswa–siswa bisa bertanya dengan menggunakan fitur ini dan nanti akan dibantu menjawa boleh siswa yang lainnya.

4. Kongkow

Kongkow merupakan fitur berbagi informasi antara siswa mulai dari seputar pendidikan seperti tutorial, beasiswa sampai pengetahuan serta informasi terkini.

5. Kategori

Fitur ini bermanfaat untuk mengkategorisasi kuis/soal, jadi para siswa bisa membuat hastag/kategorinya sendiri. Nanti saat ingin belajar siswa tinggal cari hastag yang mereka buat dan otomatis kuis–kuis yang tampil merupakan kuis dengan hastag tersebut.

6. Komunitas

Merupakan fitur fanspage untuk komunitas. Contohnya seperti Pramuka, PMR, dan lain–lain sehingga siswa yang mempunyai hobi yang sama dan memiliki minat yang sama pada komunitas dapat berkumpul dan berbagi pada halaman ini.

7. Perpustakaan

Layaknya perpustakaan sekolah, fitur ini berisikan koleksi–koleksi buku dan video yang berhubungan tentang edukasi. Siswa dapat mengunduh buku–buku yang ada di sini.

8. Ranking

Rangking adalah fitur yang didapat siswa saat melakukan aktifitas di Utak Atik Otak, semakin banyak poin yang didapatkan maka semakin tinggi ranking yang diperoleh siswa.

9. Lencana

Lencana adalah fitur penghargaan yang diberikan kepada siswa, setelah siswa menjalani tugas sesuai yang tertera pada keterangan lencana. Lencana ini seperti badges pada Pramuka. Siswa bisa mengumpulkan lencana ini dan nanti dapat ditukarkan dengan hadiah.

10. Hadiah

Hadiah bisa diperoleh siswa setelah siswa mengumpulkan beberapa lencana yang dibutuhkan. Jadi untuk mendapatkan hadiah siswa harus mengumpulkan beberapa lencana terlebih dahulu. (sul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Pria Meninggal Mendadak di Warung Makan

Tutup Video