Sukses

5 Wisata di Arab Saudi Selain Mekkah dan Madinah

Arab Saudi, Sang Negeri Penjaga 2 Kota Suci umat muslim, Mekkah dan Madinah.

Citizen6, Jakarta Arab Saudi, Sang Negeri Penjaga 2 Kota Suci umat muslim, Mekkah dan Madinah. Kedua kota ini menjadi magnet penting bagi para pendatang, jemaah haji dan umrah, dari berbagai penjuru negeri.

Namun, Negeri Gurun satu ini juga memiliki banyak tempat lain yang unik selain kota Mekkah dan Madinah. Beberapa diantaranya :

1. Madain Saleh / Al Hijr

Terletak di Kota Al Ula, berjarak 400 km dari Kota Madinah, tempat ini dinobatkan sebagai salah satu warisan budaya dunia oleh badan UNESCO di tahun 2008. Nama resmi tempatnya adalah Al Hijr. Namun, lebih dikenal sebagai Madain Saleh. Karena dianggap pernah menjadi tempat bermukimnya kaum Nabi Saleh, kaum Tsamud.
Madain Saleh, bangunan terpahat di perbukitan batu, foto : Dani Rosyadi


Jejak sejarah yang kini masih bisa ditemukan di tempat ini mayoritas berasal dari Kaum Nabatean yang hidup sekitar abad 1 Masehi. Bangunan-bangunan yang dipahat di perbukitan batu, dengan cara tradisional yang hanya memanfaatkan sebilah kayu dan bantuan air, masih kokoh berdiri. Sebagian berfungsi sebagai tempat tinggal, kuburan, tempat pemujaan dsb.

Bangunan batu yang dikelilingi padang pasir juga menjadi ciri khas dari Madain Saleh. Tempat ini bisa dinikmati tanpa membayar biaya masuk sama sekali.

Selengkapnya

Pengirim:

Jihan Davincka

Twitter :@davincka

* Madain Saleh, bangunan terpahat di perbukitan batu, foto : Dani Rosyadi

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.