Sukses

3 Hal yang Didapat Setelah Anda Donor Darah

Zaman sekarang generasi muda banyak yang berfikiran negatif terhadap donor darah

Citizen6, Jakarta Zaman sekarang generasi muda banyak yang berfikiran negatif terhadap donor darah, beberapa dari mereka hanya melihat efek samping setelah pendonor melaukukan donor darah.

Efek samping yang banyak ditakutkan oleh orang-orang seperti pusing, anemia bahkan tidak sadarkan diri. Ketakutan lain yang memaksa seseorang mundur dari donor darah adalah phobia terhadap jarum suntik. Tanpa mereka ketahui, donor darah sebenernya memiliki berbagai keuntungan umum, diantaranya keuntungan untuk diri sendiri dan orang lain. 

Berikut keuntungan yang didapat untuk diri sendiri jika Anda mendonorkan darah:

1. Memperbaharui jumlah sel darah baru

Dengan donor darah, darah kotor yang ada ditubuh Anda akan terbuang dan di gantikan oleh sel-sel darah baru. Hal ini akan mengurangi peluang terjadinya penyumbatan darah dalam tubuh Anda.

2. Mencegah penyakit jantung

Pendonor yang rutin melakukan donor darah dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Hal itu dapat terjadi karenarutinnya pergantian sel darah baru pada pendonor.

3. Mengurangi peluang terjadinya kanker

Darah yang mengalir dalam tubuh manusia banyak mengandung zat besi yang datangnya dari makanan yang di konsumsi. Zat besi yang mengalir tersebut mempunyai peluang terjadinya kanker. Dengan donor darah, risiko kanker akan berkurang sejalan dengan rutinnya donor darah yang dilakukan.

Setelah keuntungan untuk diri sendiri, donor darah juga memiliki keuntungan bagi orang lain karena tujuan utama dari donor darah sendiri merupakan bentuk kepedulian terhadap orang yang membutuhkan.

Kapan waktu yang tepat untuk donor darah? Pada umumnya pendonor akan mengalami perubahan kondisi tubuh setiap tiga bulan sekali, secara tidak langsung aksi donor darah ini juga dapat dikatakan sebagai bentuk lain dari medical check up yang kita lakukan secara berkala.

Maka dari itu, donor darah seharusnya tidak menjadi mimpi buruk bagi semua orang, sebaliknya donor darah menjadi sarana untuk menunjukan simpati kita terhadap orang-orang yang membutuhkan darah. Jadi, apakah Anda masih takut donor darah? (ule)

Pengirim:

Christian Yosua
(tian_josua12@ymail.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.