Sukses

Pejabat Pemerintahan Dijadikan Bahan Hoaks, dari Presiden sampai Menteri

Cek Fakta Liputan6.com telah mengungkap sejumlah hoaks terkait pejabat pemerintah, simak kumpulannya dalam artikel berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta- Pejabat pemerintah menjadi salah satu sasaran hoaks yang dikaitkan dengan beragam isu, kondisi ini tentu dapat bisa menimbulkan persepsi yang salah dan merugikan.

Cek Fakta Liputan6.com telah mengungkap sejumlah hoaks terkait pejabat pemerintah, mulai dari presiden hingga menteri.

Berikut kumpulan hoaks terkait pejabat pemerintah.

Jokowi Bagikan Bantuan untuk Masyarakat 45-60 Tahun Lewat WhatsApp

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim Presiden Jokowi bagikan bantuan untuk masyarakat usia 45-60 tahun dengan mendaftar lewat WhatsApp, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 9 Mei 2024.

Klaim Presiden Jokowi bagikan bantuan untuk masyarakat usia 45-60 tahun dengan mendaftar lewat WhatsApp, menampilkan video Jokowi sedang berbicara.

Dengan transkrip berikut.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim pada pagi hari ini secara resmi saya buka Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia tahun."

Dalam video tersebut terdapat tulisan sebagai berikut.

"Khusus untuk 45-60 tahun keatas yang belum mendapat bantuan.

"BAPAK/IBU YANG MEMILIKI REKENING BANK BCA, BNI, BRI MANDIRI DAN LAINNYA AKAN DIBERIKAN BANTUAN 2024 DARI PEMERINTAH PUSAT INDONESIA"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"HUBUNGI WHATSAPP ADMIN LANGSUNG 0852-3230-4544"

Benarkah klaim Presiden Jokowi bagikan bantuan untuk masyarakat usia 45-60 tahun dengan mendaftar lewat WhatsApp? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Judul Artikel

Beredar di media sosial postingan artikel berjudul "Ma'ruf Amin: kas negara menipis Ma'ruf Amin minta rakyat sisihkan harta bantu pemerintah". Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 8 April 2024.

Dalam postingannya terdapat tangkapan layar judul artikel "Ma'ruf amin: kas negara menipis Ma'ruf Amin minta rakyat sisihkan harta bantu pemerintah".

Dalam tangkapan layar tersebut terdapat keterangan penulis Delvira Hutabarat dimuat pada 31 Agu 2022, 20:09 WIB.

Akun itu menambahkan narasi:

"Mbah Ma'ruf Ngelindur Yah.....urun RembugMiskinkan Koruptor utk Nambahi Kas Negara.Tuh Yang Ngutang Siapa Yg Ngabisin Siapa ? Ko Rakyat yg Dikasih Beban.... Mbah Amin Nopo Taksih WARAS?"

Lalu benarkah postingan artikel berjudul "Ma'ruf amin: kas negara menipis Ma'ruf Amin minta rakyat sisihkan harta bantu pemerintah"? Simak hasil penelusurannya di sini.....

 

3 dari 4 halaman

Prabowo Subianto Berikan Bantuan pada Orang yang Kesulitan

Beredar di media sosial postingan presiden terpilih Prabowo Subianto memberikan bantuan pada orang yang kesulitan dengan syarat mendaftar lewat Whatsapp. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 5 Mei 2024.

Dalam postingannya terdapat foto Prabowo Subianto dengan narasi sebagai berikut:

"yang lagih kesulitan sinih babak bantu harus jujur mau buwat apa. Pilih salah satu sesuai kebutuhan kalian ya

1. biyaya sekolah

2. bikin rumah

3. bayar hutang

4. modal usaha

info selengkapnya silakan hubungan Whatsapp 08218153xxx"

Hingga saat ini postingan tersebut telah dilihat lebih dari 3,1 juta kali, mendapat 161 komentar dan 19,5 ribu likes.

Lalu benarkah postingan presiden terpilih Prabowo Subianto memberikan bantuan pada orang yang kesulitan dengan syarat mendaftar lewat Whatsapp? Simak hasil penelusurannya di sini......

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini