Sukses

Kumpulan Hoaks Pembagian Bantuan Mencatut Jokowi, Simak Daftarnya

Kumpulan hoaks seputar bantuan dari Jokowi

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks bantuan dari Jokowi beredar di media sosial, informasi palsu tersebut disebar dengan beragam tujuan, seperti penipuan hingga merusak reputasi.

Cek Fakta Liputan6.com telah mengungkap sejumlah hoaks seputar pembagian bantuan dari Jokowi, dari berupa uang hingga sembako.

Berikut kumpulan hoaks seputar bantuan dari Jokowi.

Jokowi Bagikan Bantuan Tunai Rp 50 Juta di Medsos Dalam Rangka Pensiun

Beredar di media sosial postingan Presiden Jokowi membagikan bantuan tunai Rp 50 juta di media sosial dalam rangka pensiun. Postingan itu beredar sejak akhir pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Instagram. Akun itu mempostingnya pada 25 Februari 2024.

Dalam postingannya terdapat video Presiden Jokowi tanpa audio dengan narasi sebagai berikut:

"Dalam rangka pensiun, jika video ini lewat beranda kalian berarti Anda beruntung langsung dapat bantuan tunai dari bapak Jokowi 50 juta tunai sekarang!!"

Postingan serupa juga ditemukan di Tiktok dan juga Facebook.

Lalu benarkah postingan Presiden Jokowi membagikan bantuan tunai Rp 50 juta di media sosial dalam rangka pensiun? Simak hasil penelusurannya di sini....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Video Pembagian Sembako Oleh Presiden Jokowi Dalam Rangka Pemilu

Cek Fakta Liputan6.com mendapati kalim video Presiden Jokowi bagikan sembako di depan istana dalam rangka Pemilu, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 27 Januari 2024.

Unggahan klaim video Presiden Jokowi bagikan sembako di depan istana dalam rangka Pemilu diawali dengan thumbnail foto Jokowi disertai dengan tulisan "JOKOWI BAGI-BAGI SEMBAKO DI DEPAN ISTANA NEGARA".

Kemudian dilanjutkan dengan video Menteri BUMN Erick Thohir sedang merekam aktivitas sejumlah orang, salah satunya Jokowi sedang menyaksikan sejumlah orang yang memberikan sesuatu pada pengendara motor yang melintas. Dalam video tersebut Erick berbicara, berikut transkripnya.

"Pembagian sembako oleh bapak presiden di depan istana, alhamdulillah masyarakat senang luar biasa pemimpin bangsa".

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"KALO sdh biasa Curang sampai kpn pun tetep curang...

Jokowi bersama menteri2nya, bagi-bagi sembako di depan istana. Lumayan buat bekel menjelang Pemilu?!

"Luar Biasa, Pemimpun Bangsa Banget"

Benarkahklaim video Presiden Jokowi bagikan sembako di depan istana dalam rangka Pemilu? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

 

3 dari 4 halaman

Video Jokowi Umumkan Pemberian Bantuan Rp 1,2 Juta dengan Cantumkan Tanda Like Akun TikTok

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengumumkan pemberian bantuan Rp 1,2 juta dengan cara mencantumkan tanda Like pada akun TikTok.

Klaim Jokowi berikan bantuan Rp 1,2 juta dengan cara mencantumkan tanda Like pada akun TikTok berupa video yang menampilkan Jokowi sedang berbicara menggunakan pengeras suara "Diberikan bantuan sebesar satu juta 200 ribu"

Dalam tayangan tersebut pun terlihat seorang yang sedang memegang sejumlah lembaran uang nominal Rp 100 ribu.

Pada tayangan tersebut terdapat tulisan "Diberikan bantuan sebesar Rp 1.200.000 bagi yang sudah ikutan cara ini"

Kemudian video tersebut menanyangkan cara untuk mendapati uang tersebut yaitu menampilkan akun TikTok bernama Bp Jokowi yang menampilkan unggahan foto Jokowi mengenakan busana adat Jawa, dalam video tersebut pun terdapat tangan yang bergerak memberikan Like dan mengarahkan untuk menyalin tautan.

Kemudian pada video berikutnya menampikan halaman yang menyatakan seorang mendapat uang.

Benarkah Jokowi berikan bantuan Rp 1,2 juta dengan cara mencantumkan tanda Like pada akun TikTok? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini...

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini