Sukses

Deretan Hoaks Seputar Presiden Jokowi Terbaru, dari Foto AI hingga Video

Presiden Jokowi kerap menjadi sasaran hoaks. Hoaks ini muncul dalam beragam tema dan tersebar di media sosial maupun aplikasi percakapan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi kerap menjadi sasaran hoaks. Hoaks ini muncul dalam beragam tema dan tersebar di media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks seputar Presiden Jokowi? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Hoaks Presiden Jokowi Bagikan Bantuan Tunai Rp 50 Juta di Medsos Dalam Rangka Pensiun

Beredar di media sosial postingan Presiden Jokowi membagikan bantuan tunai Rp 50 juta di media sosial dalam rangka pensiun. Postingan itu beredar sejak akhir pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Instagram. Akun itu mempostingnya pada 25 Februari 2024.

Dalam postingannya terdapat video Presiden Jokowi tanpa audio dengan narasi sebagai berikut:

"Dalam rangka pensiun, jika video ini lewat beranda kalian berarti Anda beruntung langsung dapat bantuan tunai dari bapak Jokowi 50 juta tunai sekarang!!"

Postingan serupa juga ditemukan di Tiktok dan juga Facebook.

Lalu benarkah postingan Presiden Jokowi membagikan bantuan tunai Rp 50 juta di media sosial dalam rangka pensiun? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Benar Foto Ini Merupakan Serah Terima Jabatan Presiden Jokowi ke Anies Baswedan

Beredar di media sosial postingan foto yang diklaim serah terima jabatan dari Presiden Jokowi ke Anies Baswedan. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 13 Februari 2024.

Dalam postingannya terdapat foto Presiden Jokowi sedang bersalaman dengan Anies Baswedan. Foto itu disertai narasi:

"Serah terima jabatan"

Lalu benarkah postingan foto yang diklaim serah terima jabatan dari Presiden Jokowi ke Anies Baswedan? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Foto Presiden Jokowi Ditangkap Polisi Ini Hasil Modifikasi AI

Beredar di media sosial postingan foto Presiden Jokowi sedang ditangkap oleh polisi. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 5 Februari 2024.

Dalam postingannya terdapat foto Jokowi sedang berlutut dipegang lengannya oleh sejumlah anggota kepolisian. Postingan itu disertai narasi:

"Cita cita semua rakyat"

Lalu benarkah postingan foto Presiden Jokowi sedang ditangkap oleh polisi? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.