Sukses

Kumpulan Hoaks Prabowo Subianto Promosikan Produk Tertentu, Simak Daftarnya

Nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kerap menjadi sasaran para pembuat hoaks. Hoaks ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kerap menjadi sasaran para pembuat hoaks. Hoaks ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks catut nama Prabowo Subianto untuk promosikan produk tertentu? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Hoaks Foto Susi Pudjiastuti Bersama Prabowo Membawa AC Mini

Beredar di media sosial postingan foto mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sedang membawa AC mini. Postingan itu beredar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun bernama Ѕᴜѕɪ РᴜԀjɪɑѕtᴜtɪ itu mengunggahnya pada 7 Juni 2023.

Dalam postingannya terdapat foto Susi Pudjiastuti bersama Prabowo sedang memegang sebuah AC mini. Postingan itu disertai narasi:

"Ya Tuhan, saya tertipu! Saya tidak berharap orang ɪnԀᴏnᴇѕɪɑ membeli barang palsu di Shoppee, Lazzada.😭 Garansi 5 tahun dan gratis 1 penukaran 1 dalam 7 hari. ЅᴇЬɑɡɑɪ Mᴇntᴇrɪ Kᴇlɑᴜtɑn Ԁɑn Рᴇгɪkɑnɑn, saya berharap yang terbaik untuk semuanya.Bulan lalu, saya melakukan perjalanan bisnis ke Jᴇρɑnɡ dengan Mᴇntᴇrɪ Рᴇrtɑһɑnɑn. Cuaca di Jᴇρɑnɡ sangat panas, bisa mencapai 40 derajat. Saya perhatikan bahwa kebanyakan orang Jᴇρɑnɡ menggunakan ɑᴄ cerdas daripada ɑᴄ konvensional untuk melindungi kesehatan masyarakat dan menghemat listrik 3 kali lebih banyak. Saya membeli satu untuk mencobanya.Ketika saya menerima produk, saya langsung memeriksanya. ɑᴄ Jᴇρɑnɡ bekerja dengan sangat baik, tidak banyak mengkonsumsi listrik dan cepat dingin. Hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk mendinginkan seluruh ruangan seluas 28m2. Apalagi ɑᴄ-nya sangat kompak, tidak berisik, bisa dipindahkan kemana-mana dengan sangat mudah. ɑᴄ memiliki membran ion untuk menyaring bakteri, menyaring debu halus, dan menyerap kelembapan, sehingga saya tidak lagi sakit tenggorokan, kulit kering, dan tidur lebih nyenyak. 👍 Sejak mengganti ɑᴄ lama dengan yang Jᴇρɑnɡ ini, tagihan listrik keluarga saya bisa dihemat sekitar Rp1.500.000 per bulan. 🤗Luar biasa!💯Pulang ke Indonesia, saya pesan 2 sebagai oleh-oleh untuk keluarga, ganti ɑᴄ biasa. Tapi ketika saya menerima barang saya sangat kecewa. Itu palsu, dari Сɪnɑ, tidak seperti yang saya beli di Jᴇρɑnɡ. Mencoba menghubungi toko tetapi tidak berhasil.😡Saya menghubungi toko domestik Jᴇρɑnɡ dan diberi tahu bahwa mereka tidak menjual di Shoppee atau Lazzada. Mereka baru saja membuka cabang resmi ini di Jakarta. Ini tokonya 👉 bit.ly/japan-shareSaya telah memesan 3000 untuk kapal nelayan saya. Pengiriman sangat cepat dan saya hanya butuh 2 hari untuk menerima barang. Ѕᴜѕɪ РᴜԀjɪɑѕtᴜtɪ sangat khawatir dengan kesulitan dan penderitaan masyarakat, maka dari itu beliau sangat ingin ɑᴄ buatan Jᴇρɑnɡ ini memasyarakat di Indonesia agar masyarakat dapat menggunakannya dengan nyaman tanpa khawatir dengan tagihan listrik.😍🎁Pada kesempatan pembukaan, toko domestik Jᴇρɑnɡ diskon 50%, beli 1 gratis 1 dan pengiriman gratis untuk 99 pelanggan tercepat. Garansi 5 tahun dan gratis 1 penukaran 1 dalam 7 hari. Pesan di sini untuk membeli yang asli! Jangan beli barang palsu di Shopee!"

Lalu benarkah postingan foto mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sedang membawa AC mini? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Video Prabowo Subianto Promosikan Jam Tangan Usai Raih Kemenangan Hasil Hitung Cepat Ini Hasil Modifikasi AI

Beredar di media sosial postingan Prabowo Subianto mempromosikan jam tangan usai meraih kemenangan dalam perhitungan suara cepat. Postingan itu beredar sejak akhir pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Instagram. Akun itu mempostingnya pada 16 Februari 2024.

Di dalam postingannya terdapat rekaman suara Prabowo Subianto dengan narasi sebagai berikut:

"Alhamdulillah untuk merayakan kemenangan hasil hitung cepat dari berbagai lembaga survei, saya instruksikan kepada pendukung dan simpatisan saya untuk jual murah jam tangan mewah tahan air di kedalaman 30 meter ini cuma 30 ribu saja. Desainnya mewah cocok untuk dipakai pria maupun wanita.

Untuk dapatkan harga murahnya klik suka komen kota asal dan beli di keranjang kuning"

Akun itu menambahkan narasi:

"*GUWEH KIRA KLAIM KEMENANGAN MERASA DIATAS ANGIN AJA NIH OMON OMON*

*EHK NGGA TAUNYA DODOL..MALAH JUALAN JAM TANGAN*😂

*COCOKAN JUALAN JAM AJA DAH..PAK..WKAKAWKAKKWAKAK*"

Lalu benarkah postingan Prabowo Subianto mempromosikan jam tangan usai meraih kemenangan dalam perhitungan suara cepat? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.