Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Video Menhan Israel Menangis Akibat Putrinya Diculik Hamas

Beredar di media sosial postingan video yang diklaim Menteri Pertahanan Israel menangis karena putrinya ditangkap Hamas.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan video yang diklaim Menteri Pertahanan Israel menangis karena putrinya ditangkap Hamas. Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 17 Oktober 2023.

Dalam postingannya terdapat video seorang laki-laki sedang menangis ketika diwawancara di televisi. Postingan itu disertai narasi:

"Menteri Pertahanan Israel ini menangis seperti wanita karena Hamas menangkap putrinya dan dia wajib militer di Tentara Pertahanan Israel. Dialah yang membunuh dan membunuh ribuan wanita dan anak-anak, menghancurkan rumah-rumah di atas kepala mereka, dan bahkan memerintahkan pembunuhan. memutus aliran air, listrik, dan makanan bagi 2 juta warga Palestina."

Lalu benarkah postingan video yang diklaim Menteri Pertahanan Israel menangis karena putrinya ditangkap Hamas?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan menggunakan Google Images. Hasilnya ada video yang identik dengan postingan.

<p>Cek fakta Menhan Israel menangis</p>

Video itu diunggah akun South China Morning Post di Youtube dengan judul "Terrifying moments as Israeli woman taken hostage by Hamas militants". Di sana dijelaskan bahwa laki-laki dalam video bernama "Yaacov Argamani".

Video itu disertai narasi:

"Video yang muncul menunjukkan momen-momen mengerikan ketika seorang wanita Israel dan teman-temannya diculik oleh militan Hamas Palestina selama serangan mendadak multi-front terhadap Israel pada tanggal 7 Oktober 2023. Wanita yang diidentifikasi sebagai Noa Argamani, 25 tahun, termasuk di antara lusinan orang yang diculik. orang-orang diculik ketika kelompok militan menyerbu sebuah festival musik di Israel selatan dekat perbatasan dengan Gaza."

Pencarian dilanjutkan dengan mesin pencarian Google dengan mengetik kata kunci "Yaacov Argamani". Di sana ditemukan bahwa Yaacov Argamani bukanlah Menteri Pertahanan Israel.

Dia adalah seorang ayah dari anak bernama Noa Argamani yang diculik oleh Hamas dalam Supernova Music Festival di Selatan Israel pada 7 Oktober 2023 lalu.

Di sisi lain Menteri Pertahanan Israel saat ini bernama Yoav Gallant.

Sumber:

https://www.youtube.com/watch?v=taKJUuHl9i0&t=58s

https://www.express.co.uk/news/world/1821447/hamas-kidnap-dad-terrorist-israel

https://metro.co.uk/2023/10/08/horrific-moment-israeli-student-begs-dont-kill-me-as-shes-snatched-by-hamas-terrorists-19628059/

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan video yang diklaim Menteri Pertahanan Israel menangis karena putrinya ditangkap Hamas adalah tidak benar.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.