Sukses

Hoaks Meramaikan Perayaan Maulid Nabi Muhammad, Simak Kumpulannya

Hoaks seputar Maulid Nabi Muhammad, Cek Faktanya

Liputan6.com, Jakarta- Perayaan kelahiran Nabi Muhammad SAW atau Maulid kerap diikuti dengan hoaks, hal ini tentu dapat menyesatkan pihak yang mempercayainya.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mendapati sejumlah hoaks seputar Maulid Nabi, setelah melakukan penelusuran dari informasi viral yang beredar di media sosial.

Berikut kumpulan hoaks seputar Maulid Nabi Muhammad.

Video Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Rusia

Sebuah video yang diklaim perayaan maulid Nabi Muhammad SAW di Rusia beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 2 Oktober 2022.

Video berdurasi 2 menit 45 detik itu memperlihatkan kerumunan orang memadati lapangan terbuka. Dalam video itu juga terlihat masjid berwarna putih dengan 6 tiang menjulang ke atas.

Terdengar juga kalimat selawat yang dikumandangkan dalam acara tersebut. Video itu kemudian disebut-sebut sebagai perayaan maulid Nabi Muhammad SAW di Rusia.

"Negara RUSIA mengadakan maulud nabi MUHAMMAD SAW" demikian narasi dalam video tersebut.

"perayaan maulid Nabi di Rusia," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 320 kali ditonton dan mendapat 4 komentar dari warganet.

Benarkah dalam video itu merupakan perayaan maulid Nabi Muhammad SAW di Rusia? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini....

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Video Perayaan Menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW di Timur Tengah

Sebuah video yang diklaim perayaan menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW beredar di media sosial. Video tersebut disebarakan salah satu akun Facebook pada 30 Agustus 2022.

Video berdurasi 14 detik itu memperlihatkan beberapa helikopter terbang rendah di dekat pantai. Salah satu helikopter membentangkan bendera raksasa berwarna hijau bertuliskan huruf Arab.

Pada klip selanjutnya, beberapa pesawat juga terlihat terbang rendah di dekat pantai. Pesawat-pesawat itu beratraksi terbang rendah dan membuat pola di langit dari asap.

Video itu kemudian dikaitkan dengan perayaan menyambut maulid Nabi Muhammad SAW di Timur Tengah.

"Di Timur Tengah Sangat Luar Biasa Menyambut Maulid Nabi Muhamad SAW," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 639 ribu kali ditonton dan mendapat 846 komentar dari warganet.

Benarkah dalam video itu merupakan perayaan menyambut maulid Nabi Muhammad SAW di Timur Tengah? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini....

 

3 dari 4 halaman

Foto Jutaan Orang di Afrika Rayakan Maulid Nabi Muhammad

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto jutaan orang di Afrika merayakan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW. Klaim tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 21 Oktober 2021.

Klaim foto jutaan orang di Afrika merayakan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW yang diunggah berupa foto yang diambil dari sudut pandang atas pada lahan terbuka, terlihat titik titik memenuhi lahan tersebut.

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"MASYA ALLAH 😍😍😍 ... Kisah Puluhan Juta Umat Islam Di Afrika Hadiri Acara Maulid Nabi Besar Muhammad S.A.W... Semoga Kita Semua Berkumpul Disurga Bersama Rasulullah Aminn Bagikan Biar Viral Sahabt 👇👇👇👇👇"

Foto tersebut merupakan bagian dari tautan artikel berjudul "MASYA ALLAH... Kisah Puluhan Juta Umat Islam Di Afrika Hadiri Acara Maulid Nabi Besar Muhammad S.A.W" yang dimuat situs bingkayanislam227.blogspot.com.

Berikut isi artikel tersebut:

"Maulid Nabi Besar Muhammad SAW kerap diperingati sebagian muslim di Indonesia setiap tahunnya. Perayaan kelahiran Rasulullah ini memang tidak dianjurkan dalam Islam, ini hanya sebuah tradisi sebagai bentuk kecintaan umat terhadap kanjeng nabi.

Tradisi memeringati maulid Nabi Muhammad SAW tidak hanya dilakukan bagi umat Islam di Indonesia. Di belahan dunia lain sejumlah negara juga melakukan hal yang sama.

MASYALLAH.. PULUHAN JUTA UMMAT ISLAM D AFRIKA HADIRI ACARA MAULID NABI BESAR MUHAMMAD SAWSabtu, 16 Oktober 2021 JAKARTA – Maulid Nabi Besar Muhammad SAW kerap diperingati sebagian muslim di Indonesia setiap tahunnya. Perayaan kelahiran Rasulullah ini memang tidak dianjurkan dalam Islam, ini hanya sebuah tradisi sebagai bentuk kecintaan umat terhadap kanjeng nabi.Tradisi memeringati maulid Nabi Muhammad SAW tidak hanya dilakukan bagi umat Islam di Indonesia. Di belahan dunia lain sejumlah negara juga melakukan hal yang sama."

Okezone merangkum sejumlah peringatan maulid Nabi Muhammad SAW di berbagai dunia yang dihimpun dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Afrika Selatan memiliki tradisi sendiri. Di negara ini wanita muslim dan anak-anak di Cape Town akan memakai baju terbaik untuk mengingat kebesaran rasul.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Afrika Selatan memiliki tradisi sendiri. Di negara ini wanita muslim dan anak-anak di Cape Town akan memakai baju terbaik untuk mengingat kebesaran rasul.

Disana masyarakat yang telah menggunakan pakaian terbaiknya akan membuat upacara Rampies,Setelah itu, mereka akan membungkus potongan tersebut dalam plastik kecil atau kertas mirip permen untuk diberikan kepada pria. Selama upacara tersebut dilakukan, mereka harus mengucapkan salam kepada Nabi Muhammad SAW."

Benarkah klaim foto jutaan orang di Afrika merayakan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

 

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini