Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video ini Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Rusia

Beredar video yang diklaim perayaan maulid Nabi Muhammad SAW di Rusia. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim perayaan maulid Nabi Muhammad SAW di Rusia beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 2 Oktober 2022.

Video berdurasi 2 menit 45 detik itu memperlihatkan kerumunan orang memadati lapangan terbuka. Dalam video itu juga terlihat masjid berwarna putih dengan 6 tiang menjulang ke atas.

Terdengar juga kalimat selawat yang dikumandangkan dalam acara tersebut. Video itu kemudian disebut-sebut sebagai perayaan maulid Nabi Muhammad SAW di Rusia.

"Negara RUSIA mengadakan maulud nabi MUHAMMAD SAW" demikian narasi dalam video tersebut.

"perayaan maulid Nabi di Rusia," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 320 kali ditonton dan mendapat 4 komentar dari warganet.

Benarkah dalam video itu merupakan perayaan maulid Nabi Muhammad SAW di Rusia? Berikut penelusurannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim perayaan maulid Nabi Muhammad SAW di Rusia. Penelusuran mengarah ke sebuah video berjudul "Thousands of Yemenis celebrate birthday of Prophet Muhammad" yang diunggah channel YouTube TRT World Now pada Desember 2021 lalu.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

<p>Gambar Tangkapan Layar Video dari Channel YouTube TRT World Now.</p>

"Yemen's ongoing war has cost thousands of lives and the Arab country continues to reel under a humanitarian crisis. Yet the population still finds time to celebrate one of the holiest days of Islam – the birthday of the Prophet Muhammad," tulis channel YouTube TRT World Now.

 

Referensi:

https://www.youtube.com/watch?v=gqSP7lFCz-0

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim perayaan maulid Nabi Muhammad SAW di Rusia ternyata tidak benar. Faktanya, video tersebut merupakan rekaman perayaan maulid Nabi Muhammad SAW di Yaman pada 2021 lalu.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.