Sukses

Catut Nama Cristiano Ronaldo Hingga Lionel Messi, Berikut Kumpulan Hoaks Seputar Pesepak Bola

Liputan6.com, Jakarta - Pemain sepak bola kerap menjadi sasaran hoaks. Kabar bohong yang tersebar pun beragam, bahkan sampai menyasar ke kehidupan pribadinya.

Cek Fakta Liputan6.com telah menelusuri sejumlah informasi viral seputar pemain bola, hasilnya sebagian terbukti sebagai informasi hoaks atau tidak benar.

Berikut kumpulan hoaks seputar pemain bola.

Cek Fakta: Satir Foto Cristiano Ronaldo Raih Piala Dunia

Beredar di media sosial postingan yang menyebut Cristiano Ronaldo sukses meraih Piala Dunia. Postingan tersebut beredar sejak pekan pertama bulan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook pada 10 Agustus 2023.

Dalam postingannya, terdapat dua foto, yakni Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo yang sedang memegang piala. Foto tersebut disertai narasi:

"Pildun Original Version

Pildun Lite Version 1.0"

Postingan tersebut disertai keterangan: "Akhirnya Ronaldo dapat piala dunia yang selama ini dia impikan"

Hingga pekan pertama bulan ini, postingan tersebut telah dilihat dua juta kali, mendapat 3200 likes dan telah dibagikan sebanyak 239 kali.

Lalu, benarkah postingan yang menyebut Cristiano Ronaldo sukses meraih Piala Dunia? Simak penelusurannya tim Cek Fakta Liputan6.com di sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini

2 dari 4 halaman

Cek Fakta: Tidak Benar Kylian Mbappe Gabung Real Madrid pada 1 Agustus 2023

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim Kylian Mbappe resmi bergabung dengan Real Madrid pada 1 Agustus 2023. Postingan tersebut beredar sejak pekan pertama bulan Agustus.

Salah satu akun mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 1 Agustus 2023.

Di dalam postingannya, terdapat foto Kylian Mbappe bersama Presiden Real Madrid, Florentino Perez sedang memegang jersey bernomor punggung 9.

Postingan itu disertai narasi "Resmi Kylian Mbappe bergabung dengan real Madrid"

Hingga pekan awal bulan Agustus lalu, postingan itu telah dilihat lebih dari 283,3 ribu kali, mendapat 2800 likes, dan 107 komentar.

Lalu, benarkan postingan yang mengklaim Kylian Mbappe resmi bergabung ke Real Madrid pada 1 Agustus 2023? Simak penelusuran tim Cek Fakta Liputan6.com berikut ini

3 dari 4 halaman

Cek Fakta: Hoaks Foto Lionel Messi Sedang Memegang Dus Mie Instan

Beredar di media sosial foto Lionel Messi sedang memegang kardus mie instan. Postingan tersebut beredar sejak pertengahan bulan Agustus lalu.

Salah satu akun mengunggahnya di Facebook pada 18 Agustus 2023.

Dalam postingan tersebut juga terdapat foto Cristiano Ronaldo sedang memegang trofi. Sementara Lionel Messi sedang memegang dus mie instan.

Foto tersebut disertai narasi:

"Liga Arab: 25 gol, 2 hattrick, 1 quattrick, 1 trofi, 1 top skor LCA.

Liga GTA: 8 gol, 0 hattrick, 0 quattrick, 0 trofi"

Akun itu juga menambahkan keterangan: "Ngomong ngomong, kenapa harus se-fakta ini?? Senyata ini?? Sesungguh ini???"

Lalu, benarkah postingan foto Lionel Messi sedang memegang kardus mie instan? Simak hasil penelusurannya berikut ini

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.