Sukses

Kumpulan Hoaks Seputar Pilpres 2024, Berikut Faktanya

Penyebaran hoaks dan ujaran kebencian seolah membuntuti jelang perhelatan Pilpres 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Pesta pemilihan umum Kepala Negara Republik Indonesia sudah di depan mata. Pemilu dan Pilpres akan berlangsung pada hari Rabu, 14 Februari 2024 secara serentak.

Satu suara dari masyarakat Indonesia sangat bernilai dan berpengaruh dalam menentukan siapa yang layak memimpin negara yang dijuluki sebagai zamrud khatulistiwa ini. 

Pemilihan Presiden adalah momen penting dalam suatu negara. Tapi, sayangnya, penyebaran hoaks dan ujaran kebencian seolah membuntuti keberlangsungan acara akbar ini.

Oleh karena itu, penting bagi kita semua sebagai warga negara Indonesia untuk terdidik dengan informasi politik yang berkualitas guna matang dalam memilih pemimpin negara ini. Cek Fakta Liputan6.com telah mendapatkan sejumlah hoaks seputar Pilpres 2024 mendatang.

Berikut kumpulan hoaks seputar Pilpres 2024, beserta faktanya:

PDIP Resmi Tunjuk Ahok Dampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim PDIP menunjuk Ahok sebagai pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Postingan itu beredar sejak akhir pekan lalu. Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook, pada 10 September 2023.

Dalam postingannya terdapat video dengan narasi sebagai berikut:

"Breaking News: Kabar Mengejutkan dari PDIP

Ahok resmi dampingi Ganjar untuk lawan Anies di 2024."

Postingan itu juga disertai narasi:

"TAK DI SANGKA MEGAWATI USUNG AHOK DAMPINGI GANJAR UNTUK LAWAN ANIES DU 2024."

Lalu benarkah postingan yang mengklaim PDIP menunjuk Ahok sebagai pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024? Telusuri faktanya di sini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

 Prabowo Deklarasikan Mahfud MD Sebagai Cawapres di Pemilu 2024

Beredar di media sosial postingan video Prabowo Subianto mendeklarasikan Mahfud MD sebagai Cawapresnya di Pemilu 2024. Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook, pada 18 Juli 2023.

Dalam postingannya terdapat video dengan narasi sebagai berikut:

"Prabowo Subianto, Bakal Calon Presiden Umumkan Prof. H. Mohammad Mahfud Mahmodin S.h., S.U., M.I.P dikenal dengan nama Mahfud MD sebagai Bakal Calon Wapresnya".

Hingga saat ini postingan tersebut telah dilihat 98,2 ribu kali, mendapat 34 ribu likes, dan 6,8 ribu komentar.

Lalu benarkah postingan video Prabowo Subianto mendeklarasikan Mahfud MD sebagai Cawapresnya di Pemilu 2024? Simak faktanya di sini...

 

Partai Nasdem Beralih Mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

Beredar di media sosial postingan video yang mengklaim Partai Nasdem akhirnya beralih mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Postingan itu beredar sejak akhir pekan lalu. Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook, pada 16 Mei 2023.

Dalam postingannya terdapat video berjudul "Diam-diam Dukung Ganjar, Keputusan Mutlak Surya Paloh Bikin Anies Jantungan"

Akun itu menambahkan narasi "K4bar Bvruk Untuk An1es‼️ Keputvsan Mut1ak Surya Pa1oh Akh1rnya Usvng G4njar Di Pi1pres 2O24"

Lalu benarkah postingan video yang mengklaim Partai Nasdem akhirnya beralih mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024? Telusuri faktanya di sini...

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

Muhammadiyah Usung Anies Baswedan untuk Pilpres 2024

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim Muhammadiyah mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) 2024. Postingan ini beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 29 September 2022.

Dalam postingannya terdapat potongan video berjudul "Sah!! Muhammadiyah resmi usung Anies di Pilpres 2024"

Akun itu menambahkan narasi "SERBA SERBI PEMIMPIN TERBAIK SAAT INI , MESKI TERUS DIJEGAL NEO PKI BAHKAN BAWASLU IKUTAN JUGA !! BACALON AJA BELUM APALAGI CAPRES KOK SDH DITINDAK LANJUTI BAWASLU , KETOROMEN NEK BAWASLU ANTEK REZIM ANTEK CUKONG"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim Muhammadiyah mengusung Anies Baswedan sebagai capres 2024? Telusuri faktanya di sini...

 

Anies Membaca Buku 'Cara Licik Menang Pilpres 2024

Cek Fakta Liputan6.com mendapati foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswesan membaca buku berjudul 'Cara Licik Menang Pilpres 2024'. Foto Anies Baswedan baca buku 'Cara Licik Menang Pilpres 2024' diunggah akun Facebook Wan Ping, pada 24 November 2020.

Foto yang diunggah menampilkan Anies Baswedan mengenakan baju putih dan sarung sedang duduk dengan latarbelakang rak buku, tangan kanan dan kiri sedang memegang buku berwarna hitam berjudul 'Cara Licik Menang Pilpres 2024'.

Benarkah foto Anies Baswedan baca buku 'Cara Licik Menang Pilpres 2024'? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com. Simak faktanya di sini...

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.