Sukses

Hoaks Presiden Jokowi Terkait dengan PKI Sering Beredar, Simak Faktanya

Hoaks Presiden Jokowi yang dikaitkan dengan PKI kerap beredar di masyarakat. Hoaks ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks Presiden Jokowi yang dikaitkan dengan PKI kerap beredar di masyarakat. Hoaks ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks seputar Presiden Jokowi dan PKI? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Hoaks Foto Presiden Jokowi Berziarah ke Makam Tokoh PKI Widjiatno Notomihardjo

Jumat (24/7/2020) dini hari WIB, pemilik akun Facebook atas nama Poskopengaduan Danablt mengunggah foto Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) sedang nyekar yang disebut makam tokoh teras PKI.

Foto Jokowi yang sedang nyekar di makam itu kemudian dibagikan oleh akun Alex Batosay ke Grup Facebook Sahabat Aline Yoana Tan. Dalam foto itu, Jokowi disebut nyekar ke makam seorang tokoh PKI, Widjiatno Notomihardjo.

Berikut narasi yang ada di fotonya:

"Saya Hendra Gunawan Ketua LSM YLPPMM no telp/WA 082269849334 siap tantang tim indefenden bayaran Jokowi.

Ini Bukan suuzan, bukan juga ghibah. Tapi fakta: Ngapain Jokowi nyekar di kuburan Widjiatno Notomihardjo - salah seorang tokoh teras PKI - Partai Komunis Indonesia. Hubungannya apa?

Ini perlu diungkapkan agar semua sadar akan fakta dan sejarah yg benar..."

Bagaimana fakta yang sesungguhnya dari foto Jokowi sedang nyekar? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Benar Presiden Jokowi Kenakan Baju Berlogo PKI

Cek Fakta Liputan6.com menemukan klaim foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan baju merah berlogo Partai Komunis Indonesia (PKI). Klaim tersebut diunggah akun Facebook Zul Efendi, pada 23 Juli 2020.

Foto yang diunggah memperlihatkan Presiden Jokowi mengenakan baju merah, di bagian dada baju tersebut terdapat palu arit yang diartikan sebagai lambang PKI, dalam foto tersebut Jokowi terlihat sedang memegang dua buah pengeras suara.

Pada unggahan foto tersebut akun Zul Efendi memberikan keterangan sebagai berikut:

"JOKOWI ASLI ANAK PKI JAHANAM FAKTA BUKA KEBENARAN"

Benarkah klaim foto Presiden Jokowi mengenakan baju berlogo PKI? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Benar Foto yang Diklaim Ayah Jokowi Seorang Komandan PKI

Beredar di media sosial postingan foto yang mengklaim ayah dari Presiden Jokowi adalah seorang komandan PKI. Postingan itu ramai dibagikan sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 7 Agustus 2023.

Dalam postingannya terdapat foto seseorang dengan memakai seragam tentara lengkap dengan topinya. Postingan foto itu disertai narasi:

"Ternyata terkuak orang tua Jokowi adalah gembong komunis etnis China. Keceplosan sebutin nama ayah saya diperkawinan saudara perempuan saya.

Ini lho bapaknya Jokowi, yg namanya Widjiatno!! Dokumen negara sudah di buka! Jokowi asli PKI Tulen!! Ganyang jokowi PKI. Komunis itu pintar menipu. Bohong adalah hal biasa."

Akun itu menambahkan narasi,

"Keceplosan ni curut..."

Lalu benarkah postingan foto yang mengklaim ayah dari Presiden Jokowi adalah seorang komandan PKI? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.