Sukses

Restoran Cepat Saji Jadi Sasaran Hoaks, dari Mengandung Babi sampai Bagikan Hadiah

Kumpulan hoaks terkini seputar restoran cepat saji.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks seputar restoran cepat saji beredar di media sosial, mulai dari pembagian uang sampai isu yang menimbulkan kekhawatiran.

Keberadaan hoaks tersebut harus diwaspadai sebab dapat merugikan, agar tidak terpengaruh oleh informasi bohong tersebut sebaiknya kita lebih jeli dalam mempercayai.

Untuk memudahkan masyarakat mengenali informasi yang benar dan hoaks,Cek Fakta Liputan6.com pun telah melakukan penelusuran terhadap informasi yang viral.

Berikut kumpulan hoaks terkini seputar restoran cepat saji.

Sertifikasi Halal McDonald’s di Seluruh Penjuru Negeri Dicabut MJC

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim sertifikasi halal McDonald’s di seluruh penjuru negeri dicabut MJC, kabar tersebut dibagikan lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Klaim MJC cabut sertifikasi halal McDonald’s di seluruh penjuru negeri dicabut MJC berupa tulisan sebagai berikut.

"Dengan dicabutnya sertifikat HALAL oleh Amerika sendiri, maka Mc Donald menjadi tidak halal lagi...

AMERIKA TELAH MENCABUT SERTIFIKAT HALAL TERHADAP PRODUK2 MC DONALD.

===================

BERITA PENTING

Dewan Yudisial Muslim (MJC) dan IQSA telah mencabut sertifikasi dari "McDonald, KFC, dominos & Pizza Hut```

Menurut kajian staf dapur di Florida, Amerika, bahan2 McDonald telah memperlihatkan bukti positif mengandung bahan dari daging babi yg disebut "LM10" yg digunakan di dlm mayones McDonald. Para pejabat resmi McDonald Afrika Selatan telah memastikan bhw slruh bahan baku saus diimpor dari Amerika. Para pelanggan Muslim dihimbau utk tdk mengkonsumsi McDonald.

Dewan Yudisial Muslim (MJC) dan IQSA juga telah menarik sertifikasi di slruh penjuru negeri. Ini sekrg mjd tugas anda memberitahukan org lain....

Jgn abaikan pesan ini, krn Anda akan brdosa jika tdk ikut menyebarkankannya kpd org lain. Mrk yg memakannya berarti makan makanan haram. Jadi mohon beritahukanlah kpd yg lainnya.

"BER-PESAN2 DEMI KESEJAHTERAAN DUNIA & AKHIRAT"

dari : Dr. Muhammad Yanis Musja, Apt. Ketua Lembaga Halal Indonesia"

Benarkah klaim sertifikasi halal McDonald’s di seluruh penjuru negeri dicabut MJC? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sertifikasi Halal KFC Dicabut karena Mengandung Minyak Babi

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim sertifikasi halal KFC dicabut karena mengandung minyak babi. Informasi tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Berikut klaim sertifikasi halal KFC dicabut karena mengandung minyak babi:

"https://www.courthousenews.com/kfc-franchisee-loses-fight-to-market-chicken-as-muslim-friendly/

KFC akhirnya Kalah,… Setelah bertahun-tahun berusaha menyembunyikan kasusnya bhwa BURGERnya 100% Ayam?!!! Kini mereka telah dinyatakan bersalah krn ternyata bahan pembuatan Burgernya hy 15% Ayam dan 85% sisanya bahkan tidak layak/ baik utk dikonsumsi ttpi hy cocok utk anjing. Dewan Keadilan Islam telah mencabut sertifikat jaminan Halalnya krn telah temukan jg bahwa Bumbu-bumbu, Kecap, Mayonesnya pun telah dicampur & dibuat dr unsur Minyak Babi. Selain itu Misi dr perusahaan ini jg disinyalir telah Anti Islam Silahkan bagikan Viral agar umat Islam mengetahui dan sgra memboikot produk² perusahaan ini,…Diteruskan sebagai diterima,… Sebenarnya, kami sdh lama dan seringkali memperingatkan umat bahwa produk KFC itu faktanya mmg Haram. Mka, dg Membiarkan/ Mendiamkan dan Tdk membagikan informasi berharga ini, sm halnya anda telah memberi makan keluarga Anda ssuatu; Makanan Haram. Kirim seperti yang diterima,…"

Benarkah klaim sertifikasi halal KFC dicabut karena mengandung minyak babi? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

 

3 dari 4 halaman

KFC Bagikan Voucher Rayakan HUT ke 71

Informasi tentang KFC membagikan voucher tiga ember ayam goreng gratis untuk merayakan HUT ke 71 beredar di media sosial. Informasi tersebut disebarkan akun Facebook yang mencatut KFC, KFC Fans.

Akun Facebook tersebut mengunggah narasi berisi klaim bahwa KFC membagikan voucher yang bisa ditukarkan tiga ember ayam goreng gratis.

Untuk mendapatkan voucher tersebut, masyarakat diminta untuk mengetik "Love KFC" di kolom komentar akun Facebook tersebut. Setelah itu, diminta untuk membuka sebuah tautan.

"Untuk merayakan 71 tahun @KFC, kami mengirimkan kupon kepada mereka yang membagikan dan menulis "Love KFC". Sebelum 5 September jam 4 sore. Setiap voucher dapat digunakan di KFC mana saja untuk mendapatkan tiga ember ayam GRATIS!.2022," tulis akun Facebook KFC Fans.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 6.400 kali dibagikan dan mendapat 2 ribu komentar dari warganet.

Benarkah KFC membagikan voucher tiga ember ayam goreng gratis untuk merayakan HUT ke 71? Simak hasil penelusurannya di sini.....

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini