Sukses

Daging Jadi Bahan Hoaks, Simak Daftarnya

Berikut kumpulan hoaks seputar daging hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta- Daging menjadi bahan yang dikonsumsi manusia kerap dihinggapi hoaks, kondisi ini dapat menimbulkan keresahan masyarakat yang memoercayainya.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menedapatii sejumlah hoaks seputar daging, setelah melakukan penelusuran yang berasal dari sumber terpercaya.

Berikut kumpulan hoaks seputar daging hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Program Donasi Daging Manusia untuk Atasi Perubahan Iklim

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim program donasi daging manusia untuk mengatasi penyebab perubahan iklim. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 8 Juni 2023.

Unggahan klaim program donasi daging manusia untuk mengatasi penyebab perubahan iklim tersebut berupa tulisan sebagai berikut.

"Selamat datang di Proyek Daging Manusia, kami adalah program donasi daging manusia. Dengan menyumbangkan tubuh untuk konsumsi manusia, kami mengambil tindakan untuk mengatasi kelebihan populasi, yang menyebabkan perubahan iklim dan efek rumah kaca yang disebabkan oleh peternakan massal hewan ternak untuk memberi makan dunia..😬

⚠️It's real⚠️beware⚠️

Dengan mencantumkan situs humanmeatproject.com sebagai lembaga yang menjalankan program donasi daging manusia.

Benarkah klaim program donasi daging manusia untuk mengatasi penyebab perubahan iklim? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Video Israel Beralih ke Daging Plastik

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video Israel beralih ke daging plastik. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 6 Juni 2023.

Unggahan klaim video Israel beralih ke daging plastik menampilkan sejumlah orang sedang telihat sedang menyaksikan mesin berkerja di dalam ruangan berkaca, pada dinding sebagian ruang tersebut terdapat tulisan "Steakholder FOOD".

Kemudian video menampilkan sebuah benda yang keluar dari bagian mesin tersebut dan benda tersebut dimakan oleh sebagian orang yang ada di dalam video.

Video tersebut diberi terangan sebagai berikut.

"Israel 🇮🇱 secara bertahap beralih ke daging plastik"

Benarkah klaim video Israel beralih ke daging plastik? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com simak hasil penelusuran di sini...

3 dari 4 halaman

Foto Daging Manusia di Restoran Afrika, Eropa, AS dan Tiongkok

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto daging manusia di restoran Afrika, Eropa, AS, Tiongkok dan seluruh dunia. Informasi tersebut dibagikan salah satu akun Facebook, pada 11 Juni 2022.

Klaim foto daging manusia di restoran Afrika, Eropa, AS, Tiongkok dan seluruh dunia menampilkan potongan benda menyerupai daging yang berbentuk organ manusia.

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"DAGING MANUSIA di restoran di AFRIKA - EROPA - ASIA - AS - TIONGKOK DAN SELURUH DUNIA.

Ini benar-benar akhir.

https://tsn.ua/.../u-londoni-vidkrili-shokuyuchiy-magazin..."

Benarkah klaim foto daging manusia di restoran Afrika, Eropa, AS, Tiongkok dan seluruh dunia? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.