Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Swedia Gelar Kejuaraan Seks Eropa

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim Swedia menggelar kejuaraan seks Eropa.

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim Swedia menggelar kejuaraan seks Eropa, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 7 Juni 2023.

Unggahan klaim Swedia menggelar kejuaraan seks Eropa berupa tangkapan layar foto bendera Swedia dan pasangan lelaki dan perempuan, di dalamnya terdapat tulisan sebagai berikut.

"Swedia Deklarasikan S*ks Sebagai Olahraga, Bahkan Mengadakan Kompetisinya"

Selain itu juga terdapat tangkapan layar tulisan sebagai berikut.

"Swedia secara resmi mendaftarkan s*ks sebagai olahraga. Swedia menjadi negara pertama yang akan menggelar Kejuaraan S*ks Erope. kejuaraan ini berlangsung di bawah bimbingan Federasi S*ks Swedia. Kejuaraan s*ks ini akan berlangsung selama enam minggu di Gothenburg pada 8 Juni mendatang.

Dalam kejuaraaan ini, para peserta akan melakukan aktivitas seksual di bawah 16 disiplin ilmu, termasuk rayuan, s*ks oral, penetrasi, dan lainnya.

Diberitakan Live Mint, Kejuaraan Seks Erope ini diikut! oleh 20 orang partisipan dari berbegai negara. Pemenang akan diputuskan oleh panel yeng terdiri dari tiga juri serta penilaian penonton.

Kejuaraan tersebut telah mendorong oreng-orang dari berbagai orientasi seksual untuk ikut berpastisipasi. Penyelenggara seks mengatakan bahwa penggabungan orientasi seksual juga merupakan bagian dari olahraga tersebut den akan menjadi terobosan perkembangan di antara negere-negara Eropa.

“Penggabungan orientasi seksual sebagai begian deri taktik olahraga akan menjadi terobosan perkembangan di antara negera-negara Eropa, kate penyelenggara Senin (5/6/2023).

Ketua Federasi S*ks Swedia, Dragan Bratych

Tangkapan layar tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Astaghfirullah...

Swedia secara Resmi menDaftarkan S*ks sebagai Olahraga.

Swedia menjadi negara Pertama yg akan menggelar Kejuaraan S*ks Eropa.

Kejuaraan ini berlangsung di bawah Bimbingan Federasi S*ks swedia.

Kejuaraan S*ks ini akan berlangsung selama 6 minggu di Gothenburg pada 8 juni mendatang.

** Baca selengkapnya di postingan 👇🏽_____________

Aye Nggak mo nanya.. " ade yg minat buat ikutan ?? " .. 🫣🤭.

#AkhirZaman

#KuatkanImandanImun

#IkutiUlamaGarisLurus

Benarkah klaim Swedia menggelar kejuaraan seks Eropa? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim Swedia menggelar kejuaraan seks Eropa, menggunakan Google Search dengan kata kunci 'sweden championship sex'

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Fact check: No, Sweden is not holding a 'sex championship'" yang dimuat situs Dw.com.

Dalam situs DW.com Anna Setzman, Juru Bicara Konfederasi Olahraga Swedia menyatakan, "Semua informasi ini salah," dalam pernyataan tertulisnya.

"Saat ini, informasi palsu tersebar di beberapa media internasional tentang Swedia dan olahraga Swedia. Ini sangat tidak bisa diterima," ujarnya menambahkan.

Göteborgs-Posten, salah satu harian besar berbahasa Swedia, melaporkan bahwa seorang pria Swedia bernama Dragan Bratic berada di balik keseluruhan drama tersebut.

Menurut surat kabar, Bratic memiliki beberapa klub tari telanjang dan menginginkan seks diklasifikasikan sebagai olahraga. Ia mengajukan lamaran untuk menjadi anggota konfederasi pada Januari tahun ini.

Konfederasi Olahraga Swedia mengkonfirmasi bahwa ada seseorang yang mengaku memiliki federasi seks dan mengajukan keanggotaan, tetapi permohonan tersebut ditolak pada bulan Mei.

"Konfederasi Olahraga Swedia telah menarik perhatian pada fakta bahwa di beberapa bagian media internasional saat ini tersebar berita bahwa federasi seks telah menjadi anggota Konfederasi Olahraga Swedia," kata Setzman dalam pernyataannya.

"Itu adalah informasi palsu dengan tujuan mencoreng olahraga Swedia dan Swedia."

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "Fact check: Has Sweden really recognised sex as an official sport?" yang dimuat situs Thelocal.se.

Situs Thelocal.se menyebutkan, terlepas dari nama resmi Federasi Seks Swedia, itu bukan anggota Konfederasi Olahraga Swedia, Riksidrottsförbundet (RI), organisasi payung untuk klub olahraga Swedia. Federasi Seks memang mengajukan permohonan keanggotaan akhir tahun lalu, namun ditolak.

Ini pada dasarnya berarti seks bukanlah olahraga resmi di Swedia. "Rumor menyebar bahwa grup ini telah terpilih ke Konfederasi Olahraga Swedia, itu sepenuhnya salah," kata juru bicara media RI Anna Setzman kepada The Local.

Sumber:

https://www.dw.com/en/fact-check-no-sweden-is-not-holding-a-sex-championship/a-65841986

https://www.thelocal.se/20230607/fact-check-has-sweden-really-recognised-sex-as-an-official-sport

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com klaim Swedia menggelar kejuaraan seks Eropa tidak benar.

Konfederasi Olahraga Swedia mengkonfirmasi bahwa ada seseorang yang mengaku memiliki federasi seks dan mengajukan keanggotaan, tetapi permohonan tersebut ditolak.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini