Sukses

Hoaks Bermunculan saat Terjadi Bencana Alam, Berikut Daftarnya

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks seputar bencana alam kerap bermunculan seiring dengan peristiwa yang terjadi, hal ini tentu dapat menimbulkan kekhawatiran pihak yang mempercayainya.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah membuktikan sejumlah bencana alam yang diiringi hoaks, mulai dari banjir hingga gunung meletus.

Berikut daftar bencana hoaks yang diiringi dengan hoaks.

 Video Gunung Merapi Meletus

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video Gunung Merapi meletus

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video Gunung Merapi meletus, kabar tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 11 Maret 2023.

Unggahan klaim video Gunung Merapi meletus tersebut menampilkan gunung sedang mengeluarkan asap dan guguran debu, dalam video tersebut juga telihat jalan sepi dan kendaraan sedang menjauh dari arah gunung tersebut.

Unggahan klaim video Gunung Merapi meletus tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Merapi meletus 😭😭😭..yg punya sanak saudara sekitar Magelang,Muntilan,Klaten ,Boyolali..tolong di hubungi...semoga smua nya pada sehat selalu... Aamiin"

Benarkah klaim video Gunung Merapi meletus? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini...

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Video Banjir di Tol Karawang Barat

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video banjir di tol Karawang Barat, kabar tersebut dimuat salah satu akun Facebook, pada 1 Maret 2023.

Unggahan tersebut menampilkan sejumlah kendaraan terendam banjir di jalan raya.

Di dalam video tersebut terdapat tulisan "tol karawang barat".

Video tersebut diberi keterangan "Banjir tol Karawang barat".

Benarkah klaim video banjir di tol Karawang Barat? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini...

 

3 dari 4 halaman

Video Banjir Tanggul Gresik Jebol

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video tanggul Gresik jebol, kabar tersebut beredar lewat aplikasi WhatsApp dan diunggah salah satunya diungah akun Facebook, pada 24 Februari 2023.

Unggahan klaim video tanggul Gresik jebol tersebut menampilkan sejumlah mobil di jalan raya terendam banjir dan ada sebagian yang mengapung.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Innalilahi wainnailaihi rojiuun..Tanggul Brantas wil Driyodrejo Gresik jebol.Gimana kabar saudara kita disana?"

Benarkah klaim video tanggul Gresik jebol? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.