Sukses

Kumpulan Hoaks Seputar Gibran Rakabuming, Walikota Termuda hingga Ditangkap Polisi Arab Saudi

Liputan6.com, Jakarta - Gibran Rakabuming Raka, Walikota Solo sekaligus putra Presiden Jokowi beberapa kali menjadi sasaran hoaks. Hoaks ini muncul dalam beragam tema dan tersebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks seputar Gibran Rakabuming Raka? Berikut beberapa di antaranya.

1. Cek Fakta: Klarifikasi Gibran Rakabuming Ditangkap Polisi Arab Saudi Akibat Kibarkan Bendera Partai

Beredar di media sosial informasi yang menyebut Gibran Rakabuming, Walikota Solo ditangkap polisi Arab Saudi. Informasi itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu informasi tersebut beredar viral di Facebook dan juga Twitter. Dalam informasi itu terdapat artikel berjudul "Gibran Ditangkap Polisi Arab Saudi, Bentangkan Bendera Partai depan Masjid Nabawi."

Banyak yang mengira yang ditangkap dalam artikel itu adalah Gibran Rakabuming Raka, Walikota Solo sekaligus putra Presiden Jokowi.

Lalu benarkah informasi yang menyebut Gibran Rakabuming ditangkap polisi Arab Saudi karena membentangkan bendera partai di Masjid Nabawi? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Benar Video Gibran Rakabuming Ditangkap KPK

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video Walikota Solo sekaligus putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 24 Januari 2023.

Unggahan klaim video Gibran Rakabuming Raka ditangkap KPK tersebut berupa video yang menampilkan potongan gambar foto Gibran, dan sejumlah orang mengenakan rompi bertuliskan KPK.

Dalam cuplikan video klaim Gibran Rakabuming Raka ditangkap KPK tersebut terdapat tulisan sebagai berikut.

"Polisi pemberantasan korupsi resmi mengumumKAN status tersangka gibran rakabuming raka, direktur penyidikan asep guntuk dalam konfrensi pers, kpk bergerak ke uang ratusan miliar terkait kasus gibran, terkait kasus dugaan korupsi gibra di provinsi jawa tengah, kepala bagian pemerintahan kpk lifikri menjelaskan uang itu diamankan saat tim penyidik kpkk menggeladah salah satu kantor pihak yang terkait dengan kasus tersebut di kota solo.

Ditemukan diamankan uang miliaran rupiah memiliki keterkaitan dengan perkatar tersebut, selanjutnya uang miliaran rupiah akan dianalisis, penyitaan segera dilakukan untuk menjadi barang bukti dalam berkas perkara penyidikan tersangka, selain gibran kpk juga menetapkan beberapa pihak lain sebagai tersangka, serta pasal yang disangkakan akan dipuplikasikan saat kpk melakukan upaka paksa baik penagkaoan maupun penahanan ke walikota sama gubernur yang mengaku kaget sebab sejauh ini tidak terdampak apa-aoa di kalangan masyarakat penyaluran pok mas kelompk masyarakat dprd selama ini tidak pernah ada komunikais dengan nilai disebut mencapai tujuh koma delapan triliyun kasus pengelolaan dana hibah provinsi jawa tengah, dikutip suara dot com menurut fauzi skema yang dibuat berbeda dengan apa yang dilakukan dpr ri, fauzi pun kaget mengetahui besaran nilai dana hibah yang mencapai tujuh koma delapan tril masyarakat setempat mengaku tidak merasakan dampak apa-apa meski pun dana hibah itu disebut mengalir ke jokowi."

Video klaim Gibran Rakabuming Raka ditangkap KPK pun diberi keterangan sebagai berikut.

"KANTOR GIBRAN DI SERGAP TIM KPK DAN MENDAPATKAN UANG RATUSAN MILIAR RUPIAH DI SOLO JAWA TENGAH🙂KPK PUN RESMI MENGUMUMKAN KASUS KORUPSI GIBRAN YAITU DANA GIBAH🙂DANA GIBAH TERSEBUT MENGALIR KE JOKOWI🙂MASALAHNYA KIRA KIRA KPK BAKAL MELEMPEM APA GAK YAK🤣🙏🙏🙏🙂🙂🙂"

Benarkah klaim video Gibran Rakabuming Raka ditangkap KPK? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Benarkah Gibran Rakabuming Raka Bakal Jadi Wali Kota Termuda?

Klaim tentang putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka bakal menjadi wali kota termuda beredar di media sosial. Klaim ini disebarkan akun Facebook Asyer Tlonaen pada 10 Desember 2020.

Akun Facebook Asyer Tlonaen mengunggah gambar Gibran yang tengah mengenakan seragam pelantikan kepala daerah. Dalam foto tersebut terdapat tulisan "GIBRAN RAKABUMING RAKA WALIKOTA SOLO 2020-2025".

Akun Facebook Asyer Tlonaen kemudian mengaitkan foto tersebut dengan Gibran yang bakal menjadi wali kota termuda.

"Terpilih Walikota termuda...Mari kita dukung dalam Doa agar pengabdiannya Jadi berkat bagi rakyat dan untuk bangsa.Syalom," tulis akun Facebook Asyer Tlonaen.

Konten yang disebarkan akun Facebook Asyer Tlonaen telah 26 kali dibagikan dan mendapat 3 komentar warganet.

Benarkah Gibran merupakan wali kota termuda? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.