Sukses

Penampakan Hewan Unik Ini Hasil Kawin Silang? Simak Faktanya

Liputan6.com, Jakarta- Penampakan hewan unik kerap menyita perhatian, namun terkadang dibumbui dengan informasi yang tidak sesuai fakta alias hoaks. Sebab itu kita perlu pastikan kebenarannya sebelum percaya.

Hoaks seputar hewan unik yang kerap beredar di tengah masyarakat di antaranya adalah modifikasi genetik atau perkawinan silang. Cek Fakta Liputan6.com pun telah membuktikan sejumlah hoaks setelah melakukan penelusuran dari berbagai informasi tersebut.

Berikut kumpulan hoaks seputar penampakan hewan unik dari hasil kawin silang hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Video Hewan Hasil Modifikasi Genetik antara Babi dan Sapi

 

Penelusuran klaim video hewan ternak hasil modifikasi genetik antara babi dan sapi

 

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video hewan ternak hasil modifikasi genetik antara babi dan sapi. Informasi tersebut diungggah salah satu akun Facebook, pada 7 September 2022.

Unggahan klaim video hewan ternak hasil modifikasi genetik antara babi dan sapi tersebut menampilkan sejumlah hewan berkaki empat berada di dalam kandang.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"hewan ternak yang sudah dimodifikasi secara genetik dari babi dan daging sapi dijual pemerintah penguasa dunia untuk dikonsumsi di eropa dan seluruh dunia."

Benarkah klaim video hewan ternak hasil modifikasi genetik antara babi dan sapi? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Unggas Spesies Baru Hasil Kawin Silang Merpati dan Ayam

Gambar Tangkapan Layar Video Burung Merpati

Kabar tentang adanya unggas spesies baru hasil kawin silang antara merpati dan ayam beredar di media sosial. Kabar ini disebarkan akun Facebook Bona Sumbayak pada 5 Juli 2020.

Akun Facebook Bona Sumbayak mengunggah sebuah video berisi belasan unggas mirip merpati sedang makan dan berinteraksi. Unggas tersebut jika lihat mirip dengan merpati. Namun unggas tersebut punya leher dan kaki yang panjang, mirip ayam.

Akun Facebook Bona Sumbayak mengaitkan video tersebut dengan kabar adanya unggas spesies baru hasil kawin silang antara merpati dan ayam.

"Spesies baru, hasil kawin silang Merpati dan Ayam," tulis akun Facebook Bona Sumbayak.

Konten yang diunggah akun Facebook Bona Sumbayak telah 2.300 kali dibagikan dan mendapat 3 komentar warganet.

Benarkah Kabar tentang adanya unggas spesies baru hasil kawin silang antara merpati dan ayam? Simak hasil penelusurannya di sini.

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS