Sukses

Cek Fakta: Viral Video Unggas Spesies Baru Hasil Kawin Silang Merpati dan Ayam, Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang adanya unggas spesies baru hasil kawin silang antara merpati dan ayam beredar di media sosial. Kabar ini disebarkan akun Facebook Bona Sumbayak pada 5 Juli 2020.

Akun Facebook Bona Sumbayak mengunggah sebuah video berisi belasan unggas mirip merpati sedang makan dan berinteraksi. Unggas tersebut jika lihat mirip dengan merpati. Namun unggas tersebut punya leher dan kaki yang panjang, mirip ayam.

Akun Facebook Bona Sumbayak mengaitkan video tersebut dengan kabar adanya unggas spesies baru hasil kawin silang antara merpati dan ayam.

"Spesies baru, hasil kawin silang Merpati dan Ayam," tulis akun Facebook Bona Sumbayak.

Konten yang diunggah akun Facebook Bona Sumbayak telah 2.300 kali dibagikan dan mendapat 3 komentar warganet.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang adanya unggas spesies baru hasil kawin silang antara merpati dan ayam dari sebuah video yang disebarkan akun Facebook Bona Sumbayak.

Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tangkapan layar dari video tersebut ke situs Yandex dan Google Reverse Image. Namun tidak ada hasil yang menjelaskan mengenai gambar dalam video tersebut.

Penelusuran selanjutnya kemudian dilakukan menggunakan situs berbagi video YouTube dengan memasukkan kata kunci "merpati mirip ayam". Hasilnya terdapat beberapa video serupa, misalnya saja yang diunggah oleh Channel YouTube Boy Hamzah. Video itu bertajuk "Merpati Maltese || Lebih Mirip Ayam Siihhh.... Wkwkwk".

Gambar Tangkapan Layar Video dari Channel YouTube  Boy Hamzah

Penelusuran kemudian dilanjutkan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci "merpati maltese". Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai jenis merpati tersebut.

Satu di antaranya artikel berjudul "10 Burung Merpati Hias yang Memanjakan Mata" yang dimuat situs fimela.com pada 14 Mei 2016.

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari situs fimela.com

Merpati maltese berasal dari Italia Utara dekat Modena . Mereka memiliki ciri leher yang panjang.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang adanya unggas spesies baru hasil kawin silang antara merpati dan ayam ternyata tidak benar.

Video yang diunggah akun Facebook Bona Sumbayak bukan unggas spesies baru. Melainkan salah satu jenis merpati hias, yakni merpati maltese.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.