Sukses

Cek Fakta: Klarifikasi Pemain Timnas Arab Saudi dapat Rolls-Royce Usai Kalahkan Argentina di Piala Dunia 2022

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang semua pemain Timnas Arab Saudi mendapatkan hadiah mobil Rolls-Royce usai mengalahkan Argentina di Piala Dunia Qatar 2022 beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 23 November 2022.

Akun Facebook tersebut mengklaim bahwa Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed Bin Salman (MBS) akan membagikan mobil mewah Rolls-Royce kepada setiap pemain Timnas Arab Saudi.

Hal itu merupakan apresiasi atas kemenangan Timnas Arab Saudi atas Argentina dalam pertandingan penyisihan grup Piala Dunia Qatar 2022.

"Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed Bin Salman ( MBS ) kabarnya akan membagikan mobil Rolls Royce Phantom kepada setiap pemain sepak bola timnas Arab Saudi setelah mengalahkan Argentina 2-1 .setiap pemain sudah diminta untuk memilih warna dan aksesoris untuk jatah Rolls-Royce mereka.

Sebelumnya, pemerintah Arab Saudi mengumumkan hari libur nasional pada 23 November 2022 setelah kemenangan bersejarah Piala Dunia FIFA melawan Argentina, timnas unggulan dengan Lionel Messi sebagai jagoannya. Di keluarga Rolls-Royce yang dijual massal, Phantom adalah varian top of the line atau flagship. Rolls-Royce Phantom panjangnya 6 meter, dan ditenagai mesin V12 turbo 6.749 cc yang bertenaga setara 564 hp serta torsi 900 Nm. Harganya sekitar Rp 20 miliar di luar negeri," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah beberapa kali direspons dan mendapat 9 komentar warganet.

Benarkah semua pemain Timnas Arab Saudi mendapat mobil Rolls-Royce usai mengalahkan Argentina pada Piala Dunia Qatar 2022? Berikut penelusurannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar semua pemain Timnas Arab Saudi mendapatkan hadiah mobil Rolls-Royce usai mengalahkan Argentina di Piala Dunia Qatar 2022. Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "pemain arab saudi dapat rolls royce" di kolom pencarian Google Search.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang meluruskan kabar tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Timnas Arab Saudi Bantah Dapat Rolls-Royce Usai Kalahkan Argentina di Piala Dunia 2022" yang dimuat situs Liputan6.com pada 28 November 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu, penggemar Piala Dunia, sempat dihebohkan dengan berita hadiah yang akan diberikan oleh pangeran Arab Saudi, Muhammad bin Salman bin Salem, atau dikenal juga (MBS). Isu diberi hadiah itu bermula saat tim nasional (timnas) sepak bola Arab Saudi berhasil mengalahkan Messi dkk, timnas Argentina di pertandingan penyisihan Grup C di Piala Dunia 2022.

Setelah kemenangan Arab Saudi dengan skor 2-1 itu, munculah cuitan dari seorang influencer dan dokter gigi asal Pakistan, @Dr.Awab menyebarkan informasi yang menarik perhatian netizen Twitter.

Isi cuitannya yang diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia yaitu, "BREAKING: MBS telah mengumumkan Rolls Royce Phantom kepada setiap anggota tim setelah mengalahkan ARG #FIFAWorldCup #SAvsARG#SaudiArabia 🇸🇦 menyajikan kekalahan besar pertama dari #FIFAWorldCup."

Namun, beberapa waktu lalu, romor ini terbantahkan oleh keterangan yang diberikan oleh timnas Arab Saudi. Mengutip laman TimesNowNews.com, Senin (28/11/2022), pelatih timnas sepak bola Arab Saudi, Herve Renard mengkonfirmasi bahwa tim sepak bola asuhannya tidak akan diberi hadiah mobil Rolls-Royce Phantom Series II.

Keterangan itu juga dilontarkan oleh Al-Shehri, selaku anggota timnas yang berposisi sebagai penyerang. Dalam wawancara konferensi pers yang dilakukan beberapa waktu lalu, ia menyebutkan bahwa timnas hanya melakukan yang terbaik.

"Kami (timnas) di sini untuk melayani negara kami dan melakukan yang terbaik," kata Al-Shehri.

Lebih lanjut lagi, kepala pelatih timnas Arab Saudi mengklarifikasi bahwa ada federasi yang sangat serius dan kementerian olahraga, jadi menurutnya itu hadiah mobil Rolls Royce bukan sesuatu yang perlu untuk dibahas saat ini.

Hal yang dikonfirmasi setelah kemenangan Arab Saudi pada pertandingan melawan Argentina adalah hari libur nasional yang diumumkan pemerintah Arab Saudi.

Pemerintah negara Arab Saudi mengumumkan bahwa hari Rabu 23 November dijadikan sebagai hari libur nasional. Hal ini diumumkan dalam Khallej Times.

"Arab Saudi mendeklarasikan hari Rabu (23/22/2022) sebagai hari libur nasional untuk merayakan kemenangan bersejarah atas Argentina di Piala Dunia 2022 Qatar," tulis Khallej Times.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar semua pemain Timnas Arab Saudi mendapatkan hadiah mobil Rolls-Royce usai mengalahkan Argentina di Piala Dunia Qatar 2022 ternyata tidak benar. Hal tersebut sudah diklarifikasi oleh pemain Arab Saudi, Al-Shehri dan pelatih Timnas Arab Saudi, Hervé Renard.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS