Sukses

Daftar Publik Figur Dijadikan Bahan Hoaks Meninggal Dunia, dari Farel Prayoga sampai Nikita Mirzani

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks publik figur meninggal dunia kerap beredar di tengah masyarakat, kabar palsu tersebut disebar untuk kepentingan berbagai motif dari hanya iseng hingga mencari sensasi.

Untuk memudahkan masyarakat mengenali informasi benar dan hoaks, Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi seputar sejumlah publik figur meninggal dunia, hasilnya sebagian terbukti hoaks.

Simak daftar publik figur yang jadi bahan hoaks meninggal dunia.

Penyanyi Cilik Farel Prayoga Meninggal Dunia Dibunuh

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim penyanyi cilik Farel Prayoga meninggal dunia dibunuh, kabar tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 13 November 2022.

klaim penyanyi cilik Farel Prayoga meninggal dunia tersebut berupa tulisan sebagai berikut.

"๐˜๐˜ฏ๐˜ข๐˜ญ๐˜ช๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ๐˜ธ๐˜ข๐˜ช๐˜ฏ๐˜ข๐˜ญ๐˜ช๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ณ๐˜ฐ๐˜ซ๐˜ช๐˜ถ๐˜ฏ

๐˜’๐˜ข๐˜ญ๐˜ช๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ด๐˜ถ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ต๐˜ข๐˜ถ ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜บ๐˜จ ๐˜ญ๐˜ข๐˜จ๐˜ช ๐˜ท๐˜ช๐˜ณ๐˜ข๐˜ญ

๐˜๐˜ข๐˜ณ๐˜ฆ๐˜ญ ๐˜ฑ๐˜ณ๐˜ข๐˜บ๐˜ฐ๐˜จ๐˜ข ๐˜ฑ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜บ๐˜ช ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฌ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ข๐˜ญ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ช๐˜ฏ๐˜จ๐˜จ๐˜ข๐˜ญ ๐˜ฅ๐˜ถ๐˜ฏ๐˜ช๐˜ข

๐˜‹๐˜ช ๐˜ฃ๐˜ถ๐˜ฏ๐˜ถ๐˜ฉ

๐˜š๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ฐ๐˜จ๐˜ข ๐˜บ๐˜จ ๐˜ฃ๐˜ถ๐˜ฏ๐˜ถ๐˜ฉ ๐˜๐˜ข๐˜ณ๐˜ฆ๐˜ญ ๐˜ฑ๐˜ณ๐˜ข๐˜บ๐˜ฐ๐˜จ๐˜ข ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ต๐˜ช๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข ๐˜ต๐˜ช๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฌ ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ,"

Benarkah klaim penyanyi cilik Farel Prayoga meninggal dunia dibunuh? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Nikita Mirzani Meninggal Dunia Akibat Serangan Jantung pada 2 November 2022

Kabar tentang artis Nikita Mirzani meninggal dunia akibat serangan jantung pada 2 November 2022 beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 2 November 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah video dari situs berbagi video YouTube. Video tersebut berjudul "Innalillahi, Nikita Mirzani 'Meninggal Dunia' Akibat Serangan Jantung".

Gambar dalam video tersebut Nikita Mirzani tengah terbaring di ranjang rumah sakit, tangannya tampak diinfus. Di samping gambar tersebut, terdapat sejumlah orang tengah berkumpul di sekitar pemakaman.

Video tersebut kemudian diberi judul "BREAKING NEWS "NIKITA MIRZANI 'MENINGGAL DUNIA' AKIBAT SERANGAN JANTUNG".

"Bener apa bener sih NI berita?.." tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah beberapa kali direspons dan dikomentari warganet.

Benarkah kabar Nikita Mirzani meninggal dunia akibat serangan jantung pada 2 November 2022?ย  Simak hasil penelusurannya di sini.

ย 

3 dari 4 halaman

Dedi Mulyadi Meninggal Dunia Usai Diracun pada 6 Oktober 2022

Kabar tentang anggota DPR RI, Dedi Mulyadi meninggal dunia usai diracun beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 6 Oktober 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah sebuah video dari situs berbagi video YouTube dengan judulย "INALILLAHI, Kabar Duka dari DEDI MULYADI / Almarhum Meninggal Dunia Usai Diracun".

Gambar dalam video menampilkan sebuah mobil ambulance yang dikerumuni banyak orang. Terdapat juga narasi yang berisi kabar duka dari Dedi Mulyadi.

"LIVE DARI RUMAH DUKA

INALILLAHI KABAR DUKA DARI DEDI MULYADI," demikian narasi dalam gambar tersebut.

"Innalilahi wa innailaihi raaziuun," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah beberapa kali direspons dan dibagikan warganet.

Benarkah kabar Dedi Mulyadi meninggal dunia usai diracun?ย Simak hasilย penelusurannya di sini.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS