Sukses

Cek Fakta: Hoaks Kabar Nikita Mirzani Meninggal Dunia Akibat Serangan Jantung pada 2 November 2022

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang artis Nikita Mirzani meninggal dunia akibat serangan jantung pada 2 November 2022 beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 2 November 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah video dari situs berbagi video YouTube. Video tersebut berjudul "Innalillahi, Nikita Mirzani 'Meninggal Dunia' Akibat Serangan Jantung".

Gambar dalam video tersebut Nikita Mirzani tengah terbaring di ranjang rumah sakit, tangannya tampak diinfus. Di samping gambar tersebut, terdapat sejumlah orang tengah berkumpul di sekitar pemakaman.

Video tersebut kemudian diberi judul "BREAKING NEWS "NIKITA MIRZANI 'MENINGGAL DUNIA' AKIBAT SERANGAN JANTUNG".

"Bener apa bener sih NI berita?.." tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah beberapa kali direspons dan dikomentari warganet.

Benarkah kabar Nikita Mirzani meninggal dunia akibat serangan jantung pada 2 November 2022? Berikut penelusurannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang artis Nikita Mirzani meninggal dunia akibat serangan jantung. Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "nikita mirzani meninggal dunia serangan jantung" di kolom pencarian Google Search.

Hasilnya tidak ada informasi valid mengenai kabar Nikita Mirzani meninggal dunia akibat serangan jantung.

Dilansir dari artikel berjudul "Alasan Nikita Mirzani Balik ke Rutan Meski Saraf Kejepit, Merasa Lebih Terpenjara saat di Rumah Sakit" yang dimuat situs liputan6.com pada 7 November 2022, Nikita Mirzani memang dikabarkan dibawa ke rumah sakit. Namun, Nikita bukan terkena serangan jantung melainkan mengalami saraf kejepit.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah dirawat selama dua hari di Rumah Sakit Bhayangkara akibat saraf kejepit, Nikita Mirzani memilih balik ke Rutan Kelas 2B Serang untuk menjalani masa tahanan, Sabtu (5/11/2022).

Kepada jurnalis, pengacara Nikita Mirzani, Fahmi Bachmid, menjelaskan kliennya merasa tak nyaman dengan perawatan di rumah sakit tersebut dan merasa lebih plong balik ke rutan.

“Kalau dokter (bilang) dirawat, harus dirawat Nikitanya sampai 3 hari. Artinya perawatan itu harus intensif karena dia perlu terapi. Tapi, Niki merasa sudah tidak nyaman di rumah sakit. Dia merasa lebih terpenjara dibanding di penjara itu sendiri,” katanya.

Di rutan, Nikita Mirzani merasa lebih bebas beraktivitas termasuk berolahraga ringan. Selama dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara, bintang film Nenek Gayung ditemani anak sulungnya, Laura Meizani Nasseru Arsy alias Loli.

Melansir dari video konferensi pers di kanal YouTube KH Infotainment, Senin (7/11/2022), Fahmi Bachmid menjelaskan Loli menemani ibunya selama beberapa jam dan menerima pesan penting.

“Loli yang datang, saya bawa untuk bertemu ibunya. Ngobrol si Loli sama mamanya. Loli sudah cukup dewasa, diamanati untuk menjaga adik-adiknya dan dia siap untuk menjadi pengganti ibunya untuk sementara ini,” Fahmi Bachmid memaparkan.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang artis Nikita Mirzani meninggal dunia akibat serangan jantung ternyata tidak benar. Faktanya, Nikita Mirzani memang sempat dibawa ke rumah sakit akibat mengalami saraf kejepit.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS