Sukses

Deretan Hoaks Seputar Lagu Indonesia Raya, Dibawakan Vladimir Putin Hingga Metallica

Hoaks terkait lagu kebangsaan Indonesia Raya kerap muncul di masyarakat. Hoaks ini biasanya muncul dalam bentuk video dan tersebar melalui media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks terkait lagu kebangsaan Indonesia Raya kerap muncul di masyarakat. Hoaks ini biasanya muncul dalam bentuk video dan tersebar melalui media sosial.

Lalu apa saja hoaks terkait lagu kebangsaan Indonesia Raya? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar Video Paduan Suara untuk Sambut Jokowi di Rusia

Sebuah video yang diklaim paduan suara anak-anak untuk menyambut kedatangan Presiden Jokowi di Rusia beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 1 Juli 2022.

Video berdurasi 1 menit 45 detik itu memperlihatkan sekelompok anak tengah menyanyikan lagu Indonesia Raya. Mereka tampak mengenakan kemeja putih dan celana hitam.

Video itu kemudian dikaitkan paduan suara anak-anak dalam rangka menyambut kedatangan Presiden Jokowi di Rusia.

"moment anak-anak Rusia menyanyikan lagu Indonesia raya dalam rangka menyambut kedatangan presiden jokowi dalam misi perdamaian dunia," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah beberapa kali direspons dan mendapat 2 komentar dari warganet.

Benarkah dalam video paduan suara anak-anak dalam rangka menyambut Jokowi di Rusia? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Benar Vladimir Putin Bermain Piano Nyanyikan Hymne Indonesia Raya

Beredar di media sosial dan aplikasi percakapan video Presiden Rusia Vladimir Putin yang diklaim sedang bermain piano lagu hymne Indonesia Raya. Postingan video itu ramai dibagikan sejak awal pekan ini.

Salah satu akun yang mempostingnya bernama Preng Ireng Coffe. Dia mengunggahnya di Facebook pada 15 Agustus 2021.

Dalam postingannya terdapat video berdurasi 1 menit 17 detik dengan gambar Vladimir Putin sedang bermain piano. Nada dari video tersebut sama dengan nada lagu Indonesia Raya.

Postingan itu diberi judul: "Presiden putin memainkan piano dengan lagu indonesia raya"

Lalu benarkah postingan video yang mengklaim Presiden Rusia Vladimir Putin bermain piano membawakan hymne Indonesia Raya? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Hoaks Postingan Video Metallica Membawakan Lagu Indonesia Raya

Beredar di media sosial postingan video grup musik Metallica membawakan lagu Indonesia Raya. Postingan ini beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 17 Agustus 2022.

Dalam postingan video berdurasi 2 menit 1 detik itu grup Metallica sedang membawakan lagu Indonesia Raya dengan petikan gitar. Video itu disertai narasi,

"Bangga dong lagu Indonesia Raya dimainkan grup dunia Metalica"

Akun itu juga menambahkan narasi "Merinding Aku METALICA memainkan Lagi Indonesia Raya"

Lalu benarkah postingan video grup musik Metallica membawakan lagu Indonesia Raya? Simak dalam artikel berikut ini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.