Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Internet Gratis Hari Kemerdekaan Indonesia 30 GB dari Telkomsel hingga XL

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim penawaran internet gratis Hari Kemerdekaan Indonesia sebesar 30 GB dari Telkomsel hingga XL. Kabar tersebut beredar lewat aplikasi percakapan.

Klaim penawaran internet gratis Hari Kemerdekaan Indonesia sebesar 30 GB dari Telkomsel hingga XL berupa tulisan sebagai berikut.

"Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia Penawaran Khusus 30GB❤

Untuk Mengaktifkan Hari Kemerdekaan Spesial Internet Gratis 30GB klik disini👇

1. Telkomselhttps://www.mznxy.top/Telkomsel-30GB

2. XLhttps://www.mznxy.top/XL-30GB

3. THREEhttps://www.mznxy.top/Three-30GB

4. indosathttps://www.mznxy.top/indosat-30GB

5. AXIShttps://www.mznxy.top/AXIS-30GB

6. smartfrenhttps://www.mznxy.top/smartfren-30GB

7. Other Networkshttps://www.mznxy.top/Get-17th-30GB"

Saat tautan tersebut diklik masuk kehalaman sebuah situs yang mengarahkan untuk mengisi nomor ponsel dan mengarahkan untuk membagikan informasi tersebut.

Dengan kalimat seperti berikut.

Users have taken advantage of this offer.

"If you want to Get Free 30GB Data.

Then click on the button given below. We are offering Free 30GB. Get Now and share it to all your family and friends. Note! this is limited time offer."

Benarkah klaim penawaran internet gratis Hari Kemerdekaan Indonesia sebesar 30 GB dari Telkomsel hingga XL? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim penawaran internet gratis Hari Kemerdekaan Indonesia sebesar sebesar 30 GB dari Telkomsel hingga XL, dengan menghubungi pihak Telkomsel.

General Manager External Corporate Communications Telkomsel Aldin Hasyim mengatakan, informasi tersebut tidak benar dan merupakan modus penipuan.

"Confirm penipuan ini," kata Aldin, saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin (15/8/2022).

Menanggapi beredarnya informasi mengenai modus penipuan yang mengatasnamakan Telkomsel, Aldin pun menyatakan, segala informasi untuk pelanggan, baik mengenai program, layanan, produk, ataupun promosi berhadiah, Telkomsel selalu menggunakan mekanisme pemberitahuan resmi, seperti melalui surat, pemberitaan di media massa nasional, informasi di GraPARI terdekat atau Call Center Telkomsel, serta situs resmi perusahaan di www.telkomsel.com dan akun resmi media sosial Telkomsel.

"Terkait beredarnya promo "Hari Kemerdekaan Indonesia Penawaran Khusus Internet Gratis 30GB", Telkomsel memastikan promo tersebut bukan berasal dari Telkomsel," jelasnya.

Telkomsel mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap berbagai modus penipuan, termasuk yang mengatasnamakan program Telkomsel. Telkomsel terus mengharapkan partisipasi masyarakat untuk menjaga kerahasiaan data pribadi, data akses layanan finansial dan data lainnya yang otoritasnya hanya berlaku untuk pemilik layanan seperti dengan tidak memberikan kode OTP, PIN, atau Magic Link kepada siapa pun, termasuk kepada pihak tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan petugas Telkomsel.

Telkomsel juga telah menyediakan saluran komunikasi untuk pelanggan dapat melaporkan indikasi tindak kejahatan yang menyalahgunakan layanan Telkomsel.

Jika terjadi penipuan, pelanggan dapat menghubungi layanan call center 24 jam dengan menghubungi 188, mengiirmkan SMS pengaduan yang dikirimkan ke 1166 secara gratis dengan format PENIPUAN#NO. MSISDN PENIPU#ISI SMS PENIPUAN, menghubungi melalui chatting dengan asisten virtual di LINE, Telegram, dan Facebook Messenger Telkomsel, email cs@telkomsel.co.id, atau melalui facebook.com/telkomsel dan Twitter @telkomsel. Informasi lebih lanjut mengenai waspada penipuan yang mengatasnamakan Telkomsel dapat dilihat di tsel.me/waspadapenipuan.

5. Telkomsel mengucapkan terima kasih atas masukan yang dari masyarakat, hal tersebut akan menjadi tindak lanjut bagi kami dalam pengembangan layanan yang lebih baik dan aman di kemudian hari. Telkomsel juga siap berkoordinasi jika sudah ada permohonan tindak lanjut secara resmi dari aparat penegak hukum, sesuai dengan laporan yang diajukan oleh masyarakat dan melakukan blokir sesuai permintaan pemerintah dan atau sesuai ketentuan dan peraturan perundangan yang berlaku.

Cek Fakta Liputan6.com pun memghunungi pihak XL Axiata untuk mengkonfirmasi informasi penawaran internet gratis Hari Kemerdekaan Indonesia sebesar 30 GB.

Group Head Corporate Communications XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan,  informasi penawaran internet gratis Hari Kemerdekaan Indonesia sebesar 30 GB tersebut tidak benar.

"Tidak benar. Info resmi tentang program XL ada di website perusahaan," kata Wahyuningsih, saat berbincang dengan Liputan6.com.

 

Selain itu, Cek Fakta Liputan6.com juga menghubungi pihak  Indosat Ooredoo Hutchison (IOH). SVP-Head of Corporate Communications IOH Steve Saerang mengungkapkan,  penawaran internet gratis Hari Kemerdekaan Indonesia sebesar sebesar 30 GB bukan resmi berasal dari IOH.

"Terkait dengan beredarnya link informasi yang bukan resmi dari IOH, kami mengimbau kepada pelanggan untuk tidak klik/mengakses tautan [link] yang beredar dan tidak membagikannya," kata Steve saat berbincang dengan Liputan6.com,

IOH selalu menerapkan prinsip-prinsip Tata kelola Perusahaan yang baik (Good Corporate Governance/GCG) dalan memberikan layanan kepada pelanggannya.

Seluruh program resmi yang dijalankan oleh IOH, dapat dilihat di situs resmi IOH.

khusus Pelanggan IM3 dapat melihat penawaran resmi yang tersedia di website resmi IM3 http://im3.do, aplikasi myIM3, USSD *123#, WA official IM3 dan outlet/mitra penjualan resmi IM3.

Sedangkan untuk pelanggan Tri dapat melihat penawaran resmi yang tersedia di website resmi Tri https://tri.co.id/, aplikasi Bima+, serta outlet/mitra penjualan resmi Tri.

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com klaim penawaran internet gratis Hari Kemerdekaan Indonesia sebesar sebesar 30 GB dari Telkomsel hingga XL tidak benar.

Pihak Telkomsel dan XL pun telah membantah informasi tersebut dan bukan program resmi perushaan.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS