Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Kabar 63 Sepeda Motor Hilang Saat HUT Kota Medan

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang 63 sepeda motor hilang saat perayaan hari ulang tahun (HUT) Kota Medan, Sumatera Utara beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 4 Juli 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah video berisi suasana parkiran sepeda motor. Dalam video berdurasi 1 menit 4 detik itu terdapat narasi bahwa 63 sepeda motor hilang saat konser HUT Kota Medan.

"Kejadian tadi malam 63 kereta hilang di konser ulang tahun Medan," demikian narasi dalam video itu.

"Wkwkwkwkw

Katanya pada saat perayaan HUT Kota Medan kemarin, sebanyak 63 Unit Kereta (Sepeda Motor) hilang dari Sekitaran Lapangan Merdeka," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 42 kali ditonton dan mendapat 1 komentar warganet.

Benarkah kabar 63 sepeda motor hilang saat perayaan hari ulang tahun (HUT) Kota Medan? Berikut penelusurannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar 63 sepeda motor hilang saat konser perayaan HUT Kota Medan. Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "puluhan sepeda motor hilang hut kota medan" di kolom pencarian Google Search.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah klaim tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Polisi Pastikan Kabar Puluhan Sepeda Motor Hilang Saat HUT Kota Medan Hoaks" yang dimuat situs Liputan6.com pada Selasa 5 Juli 2022.

Liputan6.com, Medan - Berita viral yang menyebar di media sosial (medsos) menyebutkan sebanyak 60-an unit sepeda motor hilang pada malam puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 432 Kota Medan dipastikan hoaks alias berita bohong.

Hal tersebut dikatakan Kepala Kepolisian Resor Kota Besar (Kapolrestabes) Medan, Kombes Pol Valentino Alfa Tareda, Senin, 4 Juli 2022.

"Tidak ada laporan soal puluhan motor hilang saat acara HUT Kota Medan. Tidak ada, bisa dicek di Polsek-Polsek dan Sat Reskrim. Dicek di SPKT kita juga tidak ada," kata Valentino.

Hal senada disampaikan Kasat Reskrim Polrestabes Medan, Kompol Teuku Fathir Mustafa. Video yang beredar tersebut dipastikan tidak benar, dan hingga saat ini pihaknya masih menunggu korban untuk membuat laporan kepolisian.

"Video itu tidak benar, laporan kehilangan motor di lokasi dan waktu kegiatan tersebut belum ada," sebutnya.

Fathir mengimbau, kepada masyarakat apabila ada yang merasa kehilangan, segera melaporkannya ke Polrestabes Medan.

"Apabila ada warga yang merasa kehilangan sepeda motor saat hadir di kegiatan itu bisa segera melapor ke Polrestabes Medan. Pastinya jika benar, para pelaku akan kita berikan tindakan tegas dan terukur," tegasnya.

Diungkapkan Fathir, pihaknya tengah gencar membrantas aksi pencurian kendaraan bermotor di wilayah hukum Polrestabes Medan. Ia mengimbau masyarakat untuk tidak percaya dengan isu atau kabar bohong.

"Akun medsos yang menguploadnya, juga nanti kita telusuri. Jangan buat isu dengan sumber yang tak jelas lah," sebutnya.

Wali Kota Medan, Bobby Nasution, juga memberi atensi kepada warga yang memang kehilangan motornya.

"Jika warga kehilangan, saya imbau segera lapor polisi. Kepada kepolisian saya minta untuk diterima laporannya, ditindak secepatnya. Pencurinya tangkap, kalau bisa motornya yang hilang dicari juga, dikembalikan kepada pemiliknya," ucap Bobby.

Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sumut, Ade Jona Prestyo, angkat bicara soal berita hoaks tersebut. Menurutnya, informasi bohong itu sangat kejam.

"Jelas hoaks, saya sesalkan ada pihak yang menyebar berita palsu begitu. Di saat ribuan warga Medan bergembira karena sudah bisa diadakan konser di Medan, sudah bisa berkumpul bersama, bersuka cita, perekenomian juga berputar, malah ada pihak yang menyebar berita palsu. Saya apresiasi Pak Wali yang sudah menyuguhkan hiburan bagi kita semua," Ade Jona menandaskan.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar 63 sepeda motor hilang saat perayaan hari ulang tahun (HUT) Kota Medan ternyata tidak benar. Faktanya, polisi memastikan, tidak ada laporan soal puluhan motor hilang di acara HUT Kota Medan.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.