Sukses

Cek Fakta: Tak Terbukti Tjahjo Kumolo Meninggal karena Vaksin Covid-19

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia karena vaksin.

Informasi Tjahjo Kumolo meninggal dunia karena vaksin diunggah salah satu akun Facebook, pada 1 Juli 2022. Unggahan tersebut berupa tangkapan layar cuitan salah satu akun Twitter sebagai berikut.

"Innalillahi wa inna ilaihi rojiuun.

Semoga husnul khatimah.

Untuk semuanya, yang mendapat

V4KSIN mRN4, segera check up

kondisi Pembuluh Darah dan Jantung.

Check MRA dan CT Jantung dan Pembuluh Darah."

Unggahan cuitan tersebut disertai dengan tautan artikel news.detik.com berjudul "Innalillahi, MenPAN-RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia".

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Innalillahi...Lagi dan lagi korb4n mecin"

Benarkah informasi Tjahjo Kumolo meninggal dunia karena vaksin covid-19? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi Tjahjo Kumolo meninggal dunia karena vaksin, dalam artikel berjudul "Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia Usai Dirawat karena Infeksi yang Menyebar Sampai Paru-Paru" yang dimuat situs liputan6.com, pada 1 Juli 2022 putri Tjahjo Kumolo, Rahajeng Widyaswari, mengatakan ayahnya mengalami infeksi yang menyebar sampai ke paru-paru.

"Ada infeksi yang menyebar sampai ke paru-parunya," ujar Rahajeng.

Selain itu artikel berjudul "MenPAN RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia, Sempat Dirawat karena Infeksi Paru" yang dimuat situs liputan6.com, pada 1 Juli 2022 menyebutkan, sebelum meninggal, MenPAN RB Tjahjo Kumolo menjalani perawatan intensif di RS Abdi Waluyo Jakarta Pusat. Mengutip Antara, Tjahjo menjalani perawatan intensif karena mengalami infeksi yang menyerang hinga paru-paru.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com informasi Tjahjo Kumolo meninggal dunia karena vaksin tidak terbukti.

Putri Tjahjo Kumolo, Rahajeng Widyaswari, mengatakan ayahnya mengalami infeksi yang menyebar sampai ke paru-paru.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.