Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Video Padang Bulan Medan Turun Salju

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim kawasan Padang Bulan, Medan turun salju beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 25 Mei 2022.

Video berdurasi 30 detik itu memperlihatkan seorang pengendara merekam suasana jalan yang tertutup benda mirip salju. Si pengendara menyebut bahwa salju tengah turun di Padang Bulan, Medan, Sumatera Utara.

"Salju di Padang Bulan," ucap si pengendara.

Video tersebut kemudian dikaitkan dengan kabar bahwa salju turun di Padang Bulan, Medan, Sumatera Utara.

"Subananaallah kuasa allah yg terjdi di medan ini y loksh di Padang bulan ber tubi tubi bencna alan yg di beri kan banjir rob di semarang jawa tengah mari la kta ber do'a buat negara ini agar tdk ad lgi bencna alam ini wahai saudra ku sklian dan ber pikir fositif aj jngn yg aneh," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan salah satu akun Facebook telah 52 ribu kali dibagikan dan mendapat 96 komentar warganet.

Benarkah dalam video tersebut Padang Bulan, Medan, Sumatera Utara turun salju? Berikut penelusurannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim Padang Bulan, Medan, Sumatera Utara turun salju. Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "padang bulan salju" di kolom pencarian Google Search.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai kabar tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "BERITA FOTO Bak Dunia Salju, Ruas Jalan Jamin Ginting Padangbulan Berbusa" yang dimuat situs medan.tribunnews.com pada 22 Oktober 2019 lalu.

Berikut gambar tangakapn layarnya:

<p>Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs Tribunnews.com.</p>

Liputan6.com juga menemukan artikel yang menjelaskan sebagian jalanan di Padang Bulan, Medan tertutup benda mirip salju. Artikel tersebut berjudul "Jalan Jamin Ginting Medan Dipenuhi Busa, dari Mana?" yang dimuat situs detik.com pada 22 Oktober 2019 lalu.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa benda putih mirip salju yang menutupi sebagian jalanan adalah busa. Menurut pengakuan salah satu tukang becak bernama Gurning, busa itu muncul karena ada deterjen yang jatuh dari mobil. Hujan yang turun juga membuat busa bertambah banyak dan menutupi jalan.

"Setelah hujan sekitar jam 3 tadi busanya muncul. Ada sabun jatuh dari mobil. Datang hujan berbusalah semua," jelas Gurning saat ditemui di lokasi.

 

Referensi:

https://medan.tribunnews.com/2019/10/22/berita-foto-bak-dunia-salju-ruas-jalan-jamin-ginting-padangbulan-berbusa

https://news.detik.com/berita/d-4755854/jalan-jamin-ginting-medan-dipenuhi-busa-dari-mana

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim Padang Bulan, Medan, Sumatera Utara turun salju ternyata tidak benar. Faktanya, sebagian jalan di Padang Bulan bukan tertutup salju, melainkan busa.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.