Sukses

Cek Fakta: Hoaks Ditlantas Polda Adakan Razia Masker di Seluruh Indonesia dan Terapkan Denda di Tempat

Beredar kembali di media sosial postingan berisi pesan berantai yang menyebut Ditlantas Polda akan mengadakan razia masker dan mengenakan denda di tempat.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar kembali di media sosial postingan berisi pesan berantai yang menyebut Ditlantas Polda akan mengadakan razia masker dan mengenakan denda di tempat. Postingan itu ramai dibagikan lagi sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 3 Februari 2022.

Berikut isi postingan itu selengkapnya:

"Dari Ditlantas Polda besok ada razia Masker serentak di seluruh wilayah Indonesia, baik yg di Kantor, Toko, Bengkel mobil / motor / las dan warung2 warteg semua... Akan melibatkan langsung turun lapangan dari semua Lintas sektor dari Kejaksaan, Polisi, Pom dll...dan kalau ada yg TIDAK Pakai Masker... langsung di Tindak bayar ditempat 250.000...tolong infokan ke keluarga,tetangga dan teman semua yah....Jangan sampai KENA DENDA...."

Lalu benarkah postingan berisi pesan berantai yang menyebut Ditlantas Polda akan mengadakan razia masker di seluruh Indonesia dan mengenakan denda di tempat?

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan artikel berjudul "Beredar Selebaran Razia Masker di Kantor hingga Warteg, Polisi: Ini Hoaks" yang tayang 3 Februari 2022.

Berikut isi artikelnya:

"Liputan6.com, Jakarta - Selebaran berisi informasi petugas gabungan Polda Metro Jaya akan melakukan razia masker besar-besaran di sejumlah tempat tersiar di media sosial. Polisi memastikan informasi itu hoaks.

"Ini hoaks," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, Kamis (3/2/2022).

Sambodo mengatakan, pihaknya juga telah memberi label hoaks pada selebaran tersebut dan mengunggah ke akun media sosial.

Sambodo meminta masyarakat lebih bijak dalam merespons informasi yang ada di media sosial. Selain itu, jangan asal membagikan informasi yang belum jelas kebenarannya.

"Jangan mudah percaya terhadap selebaran yang belum tentu benar, dan jangan menyebarkannya lagi," kata dia."

Selain itu Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan pesan berantai serupa yang pernah beredar sejak tahun 2020.

Salah satu bantahannya ditulis dalam artikel berjudul "Cek Fakta: Tidak Benar Polda Metro Jaya Bakal Gelar Razia Masker Serentak di Jabodetabek" yang tayang pada 30 Agustus 2020.

Dalam artikel tersebut terdapat penjelasan dari Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo.

"Informasi itu tidak benar alias hoaks," ujarnya saat dihubungi Minggu, (30/8/2020).

Selain itu artikel lain juga pernah ditulis Cek Fakta Liputan6.com pada 24 November 2020 dengan judul "Cek Fakta: Tidak Benar Informasi Ditlantas Polda Gelar Razia Masker Seluruh Wilayah Indonesia"

Dalam artikel itu juga terdapat bantahan dari Kepala Bagian Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Yusri Yunus.

"Informasi tersebut tidak benar, hoaks. Kewenangan razia itu dari teman-teman Satpol PP. TNI dan Polri mendampingi," ujar Yusri.

Sumber

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4416567/cek-fakta-tidak-benar-informasi-ditlantas-polda-gelar-razia-masker-seluruh-wilayah-indonesia?source=search

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4343156/cek-fakta-tidak-benar-polda-metro-jaya-bakal-gelar-razia-masker-serentak-di-jabodetabek

https://www.liputan6.com/news/read/4877157/beredar-selebaran-razia-masker-di-kantor-hingga-warteg-polisi-ini-hoaks

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan berisi pesan berantai yang menyebut Ditlantas Polda akan mengadakan razia masker di seluruh Indonesia dan mengenakan denda di tempat adalah hoaks.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.