Sukses

6 Hoaks yang Beredar Sepekan, dari Covid-19 sampai Bencana Alam

Liputan6.com, Jakarta- Beragam informasi membanjiri media sosial, dari seputar Covid-19 hingga bencana alam. Namun, sebelum mempercayai informasi tersebut sebaiknya kita memastikan terlebih dahulu kebenarannya. Agar tidak dirugikan karena percaya pada hoaks.

Cek Fakta Liputan6.com terus melakukan penelusuran informasi yang viral di media sosial untuk memastik benar atau hoaks, hasilnya sebagian informasi terbukti hoaks.

Berikut 6 informasi hoaks yang beredar dalam sepekan: 

1. Kotak Kemasan Vaksin Covid-19 dalam Video Ini Hanya Berisi Kertas

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video kotak kemasan vaksin Covid-19 hanya berisi kertas, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 25 Oktober 2021.

Klaim video kotak kemasan vaksin Covid-19 hanya berisi kertas menampilkan video seorang mengambil kotak bertuliskan "Janssen COVID-19 Vaccine" kemudian kotak tersebut dibuka dan diambil isinya hanya gulungan kertas yang dilipat.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Kalau yang dikirim ke indonesia cuma isi kertas,terus yang di suntikkan ke seluruh rakyat apa dong?🤔Atau jangan² yang di suntikan berbeda?😲Atau yang di suntikkan sudah di sediakan isi yang berbeda😠"

Benarkah klaim video kotak kemasan vaksin Covid-19 hanya berisi kertas? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

2. Video Ini Jalur Wisata Gunung Bromo Amblas

Sebuah video yang diklaim jalur menuju kawasan wisata Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur amblas beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan oleh salah satu akun Facebook pada 18 November 2021.

Video berdurasi 29 detik itu memperlihatkan sebuah jalanan yang amblas. Sejumlah warga terlihat mendekati lokasi.

Beberapa pengendara sepeda motor memutar balik dan enggan melewati jalan tersebut. Video itu kemudian dikaitkan dengan amblasnya jalan menuju wisata Gunung Bromo.

"Jalur Wisata Gunung Bromo amblas," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 140 kali ditonton dan mendapat 5 komentar warganet.

Benarkah video tersebut merupakan peristiwa amblasnya jalur menuju Gunung Bromo? Berikut hasil penelusurannya.

 

3. Bayi dalam Video Ini Hasil Rekayasa Genetik

 Cek Fakta Liputan6.com klaim video penampakan bayi hasil modifikasi genetik, klaim tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 19 September 2021.

Klaim video penampakan bayi hasil modifikasi genetik yang diunggah menampilkan seorang bayi dengan kulit mengelupas.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Inilah hasil Modifikasi Genetika

Akhirnya melahirkan Trans Human.

#StopVax"

Benarkah klaim video bayi hasil modifikasi genetik? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com berikut ini.

 

4. Myriam Bourla, Istri dari CEO Pfizer Alber Bourla Tewas Akibat Komplikasi Vaksin COVID-19

Kabar tentang Myriam Bourla istri dari CEO Pfizer Albert Bourla, meninggal dunia akibat komplikasi vaksin COVID-19 beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 12 November 2021.

Akun tersebut mengunggah narasi yang menyebut bahwa Myriam Bourla istri dari CEO Pfizer Alber Bourla meninggal dunia karena komplikasi vaksin COVID-19.

"Cause of death ....complications from c19 jab. When will people wake up?!

WIFE OF PFIZER'S CEO DIES after complications on November 10, 2021

Myriam Bourla – the wife of Pfizer CEO Albert Bourla – has died from COMPLICATIONS FROM the COVID-19 VACCINE early Wednesday, according to her doctor. She passed away in the emergency room at New York-Presbyterian Lawrence Hospital after being brought in by paramedics. The cause of death has been listed as complications from the Pfizer vaccine," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah tiga kali direspons warganet.

Benarkah Myriam Bourla istri dari CEO Pfizer Alber Bourla meninggal dunia karena komplikasi vaksin COVID-19? Berikut hasil penelusurannya.

 

5. Ulang Tahun ke- 64 Bank BCA Bagikan uang Rp 5 Juta

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi Bank BCA membagikan uang Rp 5 juta dalam rangka ulang tahun ke- 64. Informasi tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp

Berikut informasi Bank BCA membagikan uang Rp 5 juta dalam rangka ulang tahun ke- 64:

"HUT ke-64 berdirinya Bank BCA!(1957-2021)

Melalui kuesioner, Anda akan memiliki kesempatan untuk

mendapatkan Rp5000.000👇https://jvipdy3.top/i/id-BCA/?g=1

tenggat waktu:2021-12-14"

Benarkah informasi Bank BCA membagikan uang Rp 5 juta dalam rangka ulang tahun ke- 64? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com berikut ini.

 

6. Minyak akan Langka Akibat Kebakaran Kilang Cilacap

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim akan terjadi kelangkaan minyak akibat kebakaran Kilang Cilacap. Informasi tersebut diunggah sebuah akun Twitter, pada 13 November 2021.

Unggahan tersebut berupa tangkapan layar artikel berjudul "Kilang Pertamina Cilacap Terbakar" yang dimuat situs Kompas.com, pada 13 November 2021.

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Siap-siap kemungkinan besar akan terjadi kelangkaan minyak, pasca terbakarnya tangki kilang minyak di Cilacap❗⚠️"

Benarkah klaim akan terjadi kelangkaan minyak akibat kebakaran Kilang Cilacap? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com berikut ini.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.