Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Presiden Jokowi Copot Menag Yaqut pada 27 Oktober 2021

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu tersebar informasi mengenai Presiden Jokowi mencopot Yaqut Cholil Qoumas dari jabatan Menteri Agama. Informasi ini disebarkan salah satu akun Facebook pada 27 Oktober 2021.

Unggahan tersebut berupa video dengan berisi beberapa cuplikan dari Yaqut dan beberapa politisi yang lain.

Video tersebut telah 10 ribu1,6 juta kali ditonton, 21 ribu kali disukai dan mendapat 21 ribu lebih komentar dari warganet.

Lalu, benarkah Presiden Jokowi mencopot Yaqut Cholil Qoumas dari jabatan Menteri Agama? Simak penelusurannya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi tersebut menggunakan Google Search dengan kata kunci "jokowi cobot menag yaqut". Namun, tidak ada artikel yang menyebutkan bahwa Jokowi mencopot Yaqut dari jabatan Menteri Agama.

Dalam unggahan video tersebut juga tidak ada informasi terkait pencabutan jabatan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Isi video tersebut hanya berupa kritikan akibat larangan pemberangkatan haji ke Arab Saudi, serta dana haji.

Namun, dalam unggahan video Yaqut sempat menyebutkan bahwa "kementerian agama adalah hadiah untuk NU". Hal ini telah diluruskan oleh Yaqut. Salah satunya dikutip dari artikel dari Liputan6.com yang berjudul "Soal Kemenag Hadiah untuk NU, Menag Yaqut: Itu di Forum Internal, Ibarat Obrolan Suami-Istri".

Dalam artikel tersebut, Yaqut mengatakan bahwa pernyataan soal Kemenag Hadiah untuk NU itu guna membakar semangat serta memberikan motivasi dalam sebuah forum internal. Dia mengaku, pernyataan itu diharapkan tidak sampai keluar ke publik demi menghindari perdebatan.

"Itu saya sampaikan di forum internal. Intinya, sebatas memberi semangat kepada para santri dan pondok pesantren. Ibarat obrolan pasangan suami-istri, dunia ini milik kita berdua, yang lain cuma ngekos, karena itu disampaikan secara internal," kata Menag Yaqut Cholil Qoumas di Solo, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima, Senin (25/10/2021).

 

Referensi:

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang Presiden Jokowi mencopot Yaqut Cholil Qoumas dari jabatan Menteri Agama ternyata tidak benar. Faktanya, tidak ada berita resmi mengenai informasi tersebut.

 

Penulis: Geiska Vatikan Isdy

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.