Sukses

Cek Fakta: Resep Herbal Pengobatan Covid-19 Mandiri Ini Belum Ada Bukti Klinisnya

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi resep herbal pengobatan Covid-19 mandiri dengan madu, air lemon dan bawang putih.

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi resep herbal pengobatan Covid-19 mandiri dengan madu, air lemon dan bawang putih informasi tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Berikut informasi resep herbal pengobatan Covid-19 mandiri dengan madu, air lemon dan bawang putih tersebut:

"Assalamu'alaikum ..🙏🙏🙏

Saya ingin berbagi pengalaman dan pengalaman ini jg harus kalian praktekan dan bagikan kpd yg lain ya 😊🙏Inn shaa Allah tdk menyesatkan tp berguna buat kita sekeluarga 👍🙏

🌸 Hampir 3 bulan yg lalu tepatnya , sy ( Ken Indyah Riyati ) mengalami gejala covid 19 yg baru ..Dgn penuh kesadaran akhirnya sy menjalankan pengobatan mandiri pada diri sendiri .. Sy tdk melakukan Rapid atau Swab apapun ..

🌸 Saya merasakan menghilangnya indra penciuman .. lidah tdk merasa .. BAB yg tdk berhenti dan sesak nafas yg hilang timbul ..

🌸 Akhirnya dgn kesadaran penuh saya ingat postingan teman disalah 1 grup sklh .. Dgn tekad kuat saya lakukan spt yg dilakukan dividio tsb ..

🌸 Ketika malam hari akan tidur sy siapkan ..

1. Air madu 1 sendok makan + air hangat + perasan air jeruk lemon jika ada dirumah .. tp sy ngak pakai air perasan jeruk lemon krn tdk ada stok 🙏

2. Sy kupas 1 siung bawang putih ( kalau ada bawang putih lanang atau bawang tunggal jika tdk ada , yg ada dirumah sj bawang putih biasa dan sy jg pakai bawang putih biasa ) .. lalu cuci bersih dan kunyah sampai halus dimulut ..

3. Rasa yg sy alami adalah panas kebakar diarea rongga mulut dan ketika sdh ditelan perut panas luar biasa ..

4. Minum air madu hangat tsb .. Baru tidur ..

5. Sy lakukan dimalam berikutnya spt langkah2 diatas ..

6. Hari ketiga ( 2 malam sy terapi bawang tsb ) dipagi hari badan sy fit luar biasa .. dan tara penciuman sy kembali normal .. BAB sy hilang jg ( di hari ke2 efek dimalam 1 sy terapi bawang putih ) .. dan sesak nafas sy di hari ke2 setelah hari 1 makan bawang sy jg tdk merasakan sesak lg ..

7. Hari ke3 malam tetap sy makan bawang krn ingin tahu sensasi setelah nya apakah msh terbakar dirongga mulut apa tidak .. ternyata sy sdh tidak merasakan terbakar diarea mulut dan perut sy jg tdk panas lg ..

🌸 Alhamdulillah ketika sy terapi bawang sy ajak jg anak2 sy tuk melakukan nya dan sy tanya mrk apakah mereka mengalami hal yg sama spt sy .. anak2 sy mengatakan bahwa ngak ada rasa terbakar dirongga mulut atau apapun cuma bau bawang katanya 😁

🌸 Yaa Allah terima kasih nikmat MU bahwa sesuatu yg baik ketika dicoba efek nya luar biasa tuk keluarga tercinta 🥰🙏

🌸 Sy juga praktekan ketika anak2 terserang flu .. mrk tdk minum obat tapi sy lakukan terapi bawang putih tsb ...

Subhanallah Yaa Allah .. mereka ngak pilek atau bersin2 lg .. tidur nyenyak dan mereka ketagihan .. selalu minta terapi bawang ( 1 minggu sekali sy berikan mrk terapi bawang tsb kpd anak2 dan diri sendiri )

🌸 Ucap syukur tetap sy ucapkan kpd org yg sdh berbagi ilmu tsb ..

Unt itu kpd rekan2 digrup .. sy minta tolong ketika kalian sdh melakukan terapi bawang putih Infokan kpd teman2 yg lain ya , agar info ini ngak berhenti di kamu "

Benarkah informasi resep herbal pengobatan Covid-19 mandiri dengan madu, air lemon dan bawang putih? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Simak Video Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi resep herbal pengobatan Covid-19 mandiri dengan madu, air lemon dan bawang putih, dengan menghubungi Guru Besar Farmasi UGM, Prof. Dr. Zullies Ikawati, Apt.

Zullies yang juga menjadi Farmakolog UGM mengatakan, informasi resep herbal pengobatan Covid-19 mandiri dengan madu, air lemon dan bawang putih belum ada bukti klinis secara medis.

"Belum ada bukti klinisnya secara medis," kata Zullies, saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin (5/7/2021).

Sebelumnya Cek Fakta Liputan6.com juga telah menghubungi sejumlah dokter untuk memastikan keampuhan madu, air lemon dan bawang putih dalam mengobati Covid-19 yang telah diulas dalam beberapa artikel Cek Fakta Liputan6.com.

Madu 

Dalam artikel "Cek Fakta: Makanan-Makanan Ini Belum Terbukti Bisa Membunuh Virus Covid-19"  mengulas tentang sejumlah bahan makanan yang diklaim dapat menyembuhkan Covid-19, salah satunya adalah madu.

Ahli Gizi KONI DKI Jakarta sekaligus APKI Approved Educator, Irtya Qiyamulail mengatakan, air kelapa muda, jeruk nipis, garam, dan madu belum terbukti secara medis membunuh Covid-19. Makanan dalam klaim tersebut hanya bisa menjaga pertahanan tubuh.

"Sejauh ini belum ada penelitian yang terbukti kalau makanan tertentu bisa membunuh virus corona. Makanan-makanan yang disebutkan seperti kelapa muda, jeruk nipis dan madu memang mengandung kandungan zat gizi yang bermanfaat untuk membantu menjaga pertahanan tubuh kita," kata Irtya.

Dalam situs resmi WHO who.int menyebutkan, tidak ada bukti ilmiah bahwa lada hitam, madu, dan jahe melindungi dari infeksi COVID-19. Namun secara umum, beberapa rempah-rempah dianggap memiliki khasiat yang mungkin bermanfaat bagi kesehatan.

Air Lemon

Dalam artikel berjudul "Cek Fakta: Hoaks Vietnam Tak Ada Kematian Selama Pandemi Covid-19 Akibat Warganya Minum Teh dan Lemon" yang dimuat Liputan6.com, 

 Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr Daeng M Faqih. Ia mengatakan bahwa mengonsumsi lemon dan teh panas dapat menyembuhkan virus corona COVID-19 belum terbukti.

"Belum ada bukti yang membenarkan hal tersebut," kata Faqih kepada Liputan6.com.

Dalam situs resmi WHO who.int menyebutkan, tidak ada bukti ilmiah bahwa lemon/kunyit mencegah Covid-19.

Bawang Putih

Situs resmi WHO who.int menyebutkan, Makan bawang putih TIDAK mencegah COVID-19Bawang putih adalah makanan sehat yang mungkin memiliki beberapa sifat antimikroba. Namun, tidak ada bukti dari wabah saat ini bahwa makan bawang putih telah melindungi orang dari virus corona baru.

Dalam artikel berjudul "Cek Fakta: Air Rebusan Bawang Putih Bisa Sembuhkan Covid-19? Ini Faktanya" yang dimuat situs liputan6.com, pada  

Sumber:

https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/advice-for-public/myth-busters?gclid=CjwKCAjwlYCHBhAQEiwA4K21mzy9znxgUs1YNLFBpvxG7zmqr6dzkJECHPMBcfid_xQR_OsQjWvGgxoCwjkQAvD_BwE#garlic

https://www.who.int/southeastasia/outbreaks-and-emergencies/novel-coronavirus-2019/fact-or-fiction

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, informasi resep herbal pengobatan Covid-19 mandiri dengan madu, air lemon dan bawang putih belum ada bukti klinis secara medis.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.