Sukses

Cek Fakta: Hoaks Bagi-Bagi Hadiah Mencatut Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Beredar konten bagi-bagi hadiah Facebook mencatut nama Rafii Ahmad dan Nagita Slavina. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Konten bagi-bagi hadiah uang tunai kerap bermunculan di media sosial. Tak jarang konten tersebut mencatut nama pesohor. Satu di antaranya artis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

Akun Facebook Rafii & Nagitaa menyebarkan konten bagi-bagi hadiah berupa uang tunai hingga Rp 100 juta. Akun Facebook Rafii & Nagitaa mengunggah video berdurasi 7 jam 59 menit yang berisi bagi-bagi hadiah dari Nagita Slavina.

Warganet diminta mengisi kolom komentar dengan menuliskan huruf "P" sebanyak puluhan kali untuk mendapatkan hadiah uang.

"NO HOAX LANGSUNG TRANSFERLANGSUNG CAIR HARI INI !!!

BUAT KALIAN BACA BAIK BAIK!! JIKA ADA YANG WHATSAPP MINTA TRANSFER UANG JANGAN MAU ITU PENIPU!! INI GRATIS TANPA BIAYA SEPESERPUN ‼️

SPAM P 20X = 10 JT

SPAM P 30X = 30 JT

SPAM P 50X = 50 JT

SPAM P 100X = 100JT

DAN WAJIB SHARE SEBANYAK BANYAKNYAINGAT JIKA ADA YANG MEMINTA BIAYA ADMINISTRASI ITU BUKAN KAMI," tulis akun Facebook Rafii & Nagitaa.

Konten yang disebarkan akun Facebook Rafii & Nagitaa telah 61 ribu kali dibagikan dan mendapat 30 ribu komentar warganet.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri konten bagi-bagi hadiah mencatut nama Raffi Ahmad dan Nagita Slavina yang diunggah akun Facebook Rafii & Nagitaa.

Penelusuran dilakukan dengan mengecek akun Facebook resmi Raffi Ahmad. Hasilnya terdapat video identik dengan yang diunggah akun Facebook Rafii & Nagitaa.

Video tersebut memang berisi tayangan Nagita Slavina tengah memberikan hadiah kepada para fansnya. Video itu diunggah pada 14 Mei 2020 lalu.

Dalam video berdurasi 48 menit 38 detik itu, Nagita tampak memberikan tata cara mengikuti giveaway.

Gambar Tangkapan Layar Video dari akun Facebook Raffi Ahmad

"Subscribe YouTubenya Rans Entertainment. Kalau sudah di-subscribe nonton video sebanyak-banyaknya yang di playlist Rans Ramadhan 2020. Kalian nonton sebanyak-banyaknya dan komen sebanyak-banyaknya. Karena kalau kamu nonton dan komen sebanyak-banyaknya, kesempatannya semakin besar. Komen tidak boleh spam dan komen yang baik. Komen harus pake hastag hadiah lebaran. Komen harus ada nomor telepon, yang keempat harus ada akun instagramnya. Akun instagram enggak boleh bodong, fake account, dan harus diverifikasi oleh kita. Keputusan ini adalah mutlak," kata Nagita dalam video tersebut.

Konten Serupa Catut Baim Wong

Pada September 2020 lalu, nama artis sekaligus YouTuber Baim Wong juga sempat dicatut namanya dalam konten bagi-bagi hadiah.

Adalah Grup Facebook BAIM WONG GIVEAWAY memuat beberapa unggahan yang mengklaim membagikan hadian sejumlah uang dengan syarat tertentu.

Misalnya saja, warganet diminta mengisi kolom komentar dengan menuliskan huruf "P" sebanyak puluhan kali untuk mendapatkan hadiah uang.

Selain itu, beberapa akun lainnya di grup Facebook BAIM WONG GIVEAWAY meminta warganet untuk mengikuti akun Facebook tertentu agar bisa mendapatkan sejumlah uang.

Namun setelah ditelusuri, klaim tentang artis sekaligus YouTuber Baim Wong membagikan hadiah lewat Grup Facebook bernama BAIM WONG GIVEAWAY ternyata tidak benar alias hoaks. Baim tidak pernah membagikan hadiah lewat grup Facebook apalagi dengan cara meminta warganet mengisi kolom komentar dengan huruf "P".

Grup Facebook BAIM WONG GIVEAWAY diduga merupakan modus penipuan dengan iming-iming berbagi hadiah dan mencatut nama Baim Wong.

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Konten bagi-bagi hadiah yang mencatut nama Raffi Ahmad dan Nagita Slavina yang diunggah akun Facebook Rafii & Nagitaa ternyata tidak benar.

Video yang diunggah akun Facebook Rafii & Nagitaa merupakan video lama. Raffi Ahmad dan Nagita Slavina juga tidak pernah membagikan hadiah cara meminta warganet mengisi kolom komentar dengan huruf "P". Konten yang diunggah akun Facebook Rafii & Nagitaa masuk kategori palsu.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini